Kurangi Polusi, Pemkab Tangerang Semprotkan Cairan ECO Enzyme

Sabtu, 16 September 2023 - 13:00 WIB
loading...
Kurangi Polusi, Pemkab Tangerang Semprotkan Cairan ECO Enzyme
Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Tangerang melakukan penyemprotan cairan eco enzyme ke udara di kawasan Puspem Kabupaten Tangerang. Foto/Istimewa
A A A
TANGERANG - Pemkab Tangerang melakukan penyemprotan cairan eco enzyme ke udara di kawasan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Tangerang. Penyemprotan cairan eco enzyme tersebut bertujuan untuk mengurangi tingkat polusi udara .

"Eco enzyme merupakan larutan zat organik kompleks yang diproduksi dari proses fermentasi sisa organik, gula dan air yang diambil dari sisa sampah organik. Ini dilakukan oleh 33 siswa SD dan SMP di Kabupaten Tangerang," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang, Ujang Sudiartono dalam keterangannya, Sabtu (16/9/2023).

Menurut dia, eco enzyme ini memiliki banyak manfaat di antaranya, dapat menyerap dan mengikat partikel debu yang ada di udara dan mengurangi jumlah polutan.

Dia berharap, penyemprotan tersebut dapat memicu berbagai usaha untuk mengurangi tingkat polusi udara. Cairan eco enzym bermanfaat baik untuk manusia maupun makhluk hidup lainnya.


Artinya, kata dia, sampah organik itu jika dilakukan pengelolaan dengan baik dapat memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi manusia namun juga lingkungan, eco enzyme merupakan salah satu produk yg dihasilkan dari pemanfaatan sampah organik.

"Terdapat sekitar 50 liter larutan eco enzyme di masing-masing mobil pemadam kebakaran yang dicampurkan dengan air untuk disemprotkan ke udara di lingkungan Puspem. Saat ini kondisi udara di Puspem Kabupaten Tangerang masih tergolong dalam keadaan baik. Meski begitu, kondisi yang baik itu tak akan bertahan apabila tidak ada upaya-upaya yang dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan kualitas udara tersebut" ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)