Pemuda Partai Perindo Soroti Penyebab Utama Polusi di Jakarta

Kamis, 07 September 2023 - 13:01 WIB
loading...
Pemuda Partai Perindo Soroti Penyebab Utama Polusi di Jakarta
Ketua Bidang Lingkungan Hidup Pemuda Perindo, Tjokro Utomo biasa dikenal Tommy Tjokro saat memberikan pernyataan kepada awak media, di Kantor DPP Partai Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023). Foto/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Lingkungan Hidup Pemuda Partai Persatuan Indonesia (Perindo) , Tjokro Utomo, B Bus biasa dikenal Tommy Tjokro, menyoroti penyebab utama terjadinya polusi udara di DKI Jakarta.

Selain karena intensitas hujan yang tidak ada karena musim kemarau, Tommy Tjokro melihat adanya pabrik dan industri di Jakarta dan sekitarnya yang masih menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara.

"Solusi untuk problem polusi udara di Jakarta sekarang terutama itu jangka pendek.Kita lihat memang dalam satu bulan terakhir kualitas udara di Jakarta begitu buruk, bahkan melebihi 150 (PM2.5)," ujar Tommy, di Kantor DPP Partai Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023).



Bacaleg DPR RI Dapil III DKI Jakarta (Jakarta Barat, Jakarta Utara, Kepulauan Seribu) tersebut menyebutkan penyebab tingkat polusi yang meningkat drastis tersebut ada penyebab utamanya.

"Artinya ada sesuatu yang meningkat drastis, sehingga meningkatkan tingkat polusi contohnya PLTU. Sehingga menjelang KTT ASEAN untuk acara yang besar ini sudah diupayakan PLTU menggunakan bahan bakar tidak ramah lingkungan untuk tidak beroperasi secara masif dan dihentikan," kata Tommy Tjokro.

Pemerintah kata dia perlu memikirkan terkait operasional manufaktur dan pabrik di Indonesia dalam jangka panjang perlu menggunakan bahan bakar energi ramah lingkungan.

"Kita melihat ada perbaikan kualitas udara meskipun dalam dua hari terakhir ini masih juga kembali ke angka 150 an. Jadi artinya dalam jangka pendek harus dipikirkan apa yang terbaik terkait operasional manufaktur, pabrik-pabrik yang ada di Indonesia terutama di kota-kota besar terutama di Jakarta dan sekitarnya," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Partai Perindo ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dengan nomor urut 16 dalam kertas suara Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2024.

Partai Perindo dipimpin oleh Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo telah menyatakan dukungannya kepada Bacapres Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Partai Perindo selama ini dikenal sebagai partai modern yang peduli rakyat kecil, gigih berjuang untuk penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)