Atasi Banjir, Ahok Desak Dinas Tata Air Rampungkan Normalisasi

Kamis, 16 Februari 2017 - 16:06 WIB
Atasi Banjir, Ahok Desak Dinas Tata Air Rampungkan Normalisasi
Atasi Banjir, Ahok Desak Dinas Tata Air Rampungkan Normalisasi
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan banjir yang melanda beberapa titik di kawasan yang dilalui kali Ciliwung terjadi karena normalisasi yang dilakukan Pemprov DKI belum rampung.

Terlebih dibeberapa titik ada perumahan dan pemukiman yang tidak memiliki saluran sehingga air melimpah ke jalan.

Demi mengurangi banjir di Jakarta, Ahok sendiri telah meminta Dinas Tata Air untuk melakukan normalisasi yang belum rampung. "Tidak ada pilihan, walaupun dia (penghuni rumah di bantaran kali) marah atau apapun," katanya di Balai Kota, Kamis (16/2/2017).

Senada, Kepala Dinas Tata Air DKI, Teguh Hendrawan mengatakan situasi banjir Jakarta saat ini sudah kondusif. Ia tak menampik banjir yang terjadi semalam karena proses normalisasi kali ciliwung yang belum selesai, saat ini normalisasi baru sekitar 40 persen.

"Makanya kita kejar terus sampai dengan pembebasan lahan yang memang menjadi kewajiban kita dinas sumber daya air," ucapnya.

Termasuk percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi kewajiban Kementrian PUPR BWSCC. Menurutnya pengembangan kawasan itu sedang dilakukan dengan meningkatkan aset DKI, seperti waduk, situs, embung.

Rencananya untuk memaksimalkan limpahan air di Jakarta, 2017 ini, Teguh akan melakukan kerja sama dengan PDAM yang menjadi BUMD milik pemprov. "Ada 108 situ embung yang menjadi aset, hingga akhir januari 2016," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2873 seconds (0.1#10.140)