UPN Veteran Jakarta Bantu Tingkatkan UMKM Gula Aren di Bogor

Kamis, 17 Agustus 2023 - 10:20 WIB
loading...
UPN Veteran Jakarta Bantu Tingkatkan UMKM Gula Aren di Bogor
UPN Veteran Jakarta menggelar sosialisasi sekaligus membantu meningkatkan UMKM dan petani gula aren di Rumah Pintar, Desa Puraseda, Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Foto: Ist
A A A
BOGOR - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta menggelar sosialisasi sekaligus membantu meningkatkan UMKM dan petani gula aren di Rumah Pintar, Desa Puraseda, Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Sosialisasi ini bentuk pengabdian kepada masyarakat guna terciptanya bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera.

Pengabdian masyarakat ini melibatkan segenap sivitas akademik yakni dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, serta alumni. Tema pengabdian mengenai “Peningkatan Perekonomian Petani Gula Aren melalui Pendaftaran Badan Usaha Milik Desa dalam Mendukung Sustainable Development Goals”.



Dosen UPN Veteran Jakarta Nani Ariani mengatakan, strategi pemasaran gula aren diperlukan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Strategi berupa bauran pemasaran, bauran produk, merek, kemasan, pelabelan, serta manfaat gula aren sebagai pemanis rendah kalori.

“Program pengabdian masyarakat bertujuan memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepada petani gula aren, UMKM, dan anggota PKK dalam peningkatan perekonomian masyarakat serta alur pendaftaran BUMDes guna mewadahi hasil sumber daya alam asli Desa Puraseda,” ujarnya, Rabu (16/8/2023).

Gula aren yang dihasilkan dari nira pohon aren merupakan ikon Desa Puraseda. Pohon aren memiliki manfaat dan nilai ekonomi yang tinggi.

“Agar menjadi petani aren yang andal dan berdaya saing, maka penting dilakukan pemberdayaan petani aren yang mana pemberdayaan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kemampuan petani dalam melaksanakan usaha tani yang lebih baik,” tuturnya.

Dosen UPN Veteran Jakarta Rio Wirawan menambahkan harus ada penggunaan E-Commerce dan pendekatan E-Marketing dalam meningkatkan trafik transaksi jual beli produk. Dia juga memberikan tips bagaimana mempromosikan toko online secara keseluruhan untuk mendorong penjualan produk dan media apa saja yang bisa dipergunakan untuk promosi seperti website, marketplace, mail, message, dan lainnya.

“Masyarakat juga harus lebih berhati-hati terhadap penipuan online dan segera laporkan jika merasa ditipu,” ucapnya.

Kegiatan dibuka Kepala Desa Puraseda Asep Ruhiyat. Dalam sambutannya, dia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi UPN Veteran Jakarta karena telah memilih Desa Puraseda sebagai tempat melaksanakan pengabdian masyarakat.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)