Situasi Terkini Jelang Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Rabu, 16 Agustus 2023 - 23:28 WIB
loading...
Situasi Terkini Jelang Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata
Lalu lintas kendaraan menjelang apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (16/8/2023) malam. FOTO/MPI/REFI SANDI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan memimpin langsung apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan ( TMP) Kalibata , Jakarta Selatan, Kamis (17/8) pukul 00.00 WIB dini hari. Apel juga bakal dihadiri sejumlah menteri dan tokoh.

Apel kehormatan dan renungan suci merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Pantauan MNC Portal Indonesia (MPI) di lokasi, Rabu (16/8/2023) pukul 22.20 WIB, lalu lintas di depan TMP Kalibata masih terpantau ramai lancar dari kedua arah. Belum terlihat penutupan arus lalu lintas sekitar TMP Kalibata.



Terlihat sejumlah pejabat mulai dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Terlihat pula Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di area pintu utama TMP Kalibata.

Terpantau lalu lalang mobil dinas pejabat TNI-Polri lainnya memasuki area TMP Kalibata. Sebelumnya sekitar pukul 21.10 WIB terlihat Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini tiba di TMP Kalibata.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, sebanyak 505 personel gabungan mengamankan kegiatan apel kehormatan dan renungan suci ini. "Ada sebanyak 505 personel. 427 peronel dari Polri. Polda ada 375 dan Polres Jaksel 40," katanya.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Bali Kirab Bendera Sambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Sementara itu, Ditlantas Polda Metro Jaya akan menutup sementara jalan di sekitar TMP Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan. Rekayasa ini dilakukan untuk kelancaran apel kehormatan dan renungan suci yang dipimpin Presiden Jokowi.

"Rekayasa arus lalu lintas di lokasi TMP Kalibata dilaksanakan berdasarkan situasional (kebutuhan dan kepadatan arus lalu lintas)," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)