Cegah Covid-19, 91 Pedagang Pasar Jongkok dan PPSU Semper Timur Ikuti Swab Test

Rabu, 29 Juli 2020 - 09:15 WIB
loading...
Cegah Covid-19, 91 Pedagang Pasar Jongkok dan PPSU Semper Timur Ikuti Swab Test
Puluhan pedagang Pasar Jongkok dan penjual hewan kurban mengikuti swab test yang dilakukan Kelurahan Semper Timur dan Puskesmas Kecamatan Cilincing.Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Dalam mengantisipasi sekaligus menciptakan rasa aman masyarakat di tengah aktivitas pasar. Puluhan pedagang Pasar Jongkok dan penjual hewan kurban mengikuti swab test yang dilakukan Kelurahan Semper Timur dan Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara .

Lurah Semper Timur Cahyo Hudoyo mengatakan, selain pedagang, pemeriksaan swab ini juga diperuntukan untuk petugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) sekaligus petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) yang ada di lingkungan kelurahan. "Kami lakukan hal tersebut untuk memastikan seluruh wilayah Semper Timur mulai dari warga, pedagang, PJLP sampai dengan PPSU terbebas dari virus Covid-19," kata Cahyo saat di konfirmasi, Rabu (29/7/2020).

Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Edison Syahputra mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya melakukan Active Case Finding (ACF). "Jadi pada sektor penggerak ekonomi seperti pasar, stakeholder strategis atau orang yang berhubungan dengan pelayanan seperti PTSP, petugas kelurahan ataupun PPSU," kata Edison saat di konfirmasi Rabu (29/7/2020).

Dalam pemeriksaan terebut, Edison mengungkapkan, ada sebanyak 91 pedagang maupun petugas yang mengikuti swab test. "Dan dari kami petugas Puskesmas Kecamatan menurunkan 16 personel yang terbagi dalam tiga orang dokter, sepuluh tenaga kesehatan dan tiga orang dari laboratorium," ungkapnya. (Baca: RSD Wisma Atlet Tangani 1.511 Pasien COVID-19)

Cahyo menambahkan, dimasa pandemi Covid-19 baik para pedagang maupun masyarakat Semper Timur untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan sama sama saling mengingatkan antar pembeli dan pedagang untuk menerapkan 3M saat berbelanja. "Mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," tuturnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)