5 Pelayanan RPA Partai Perindo untuk SPG Korban Pemerkosaan di Cibubur

Jum'at, 28 Juli 2023 - 14:14 WIB
loading...
5 Pelayanan RPA Partai Perindo untuk SPG Korban Pemerkosaan di Cibubur
Ketua Bidang Hukum DPP RPA Perindo Amriadi Pasaribu. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Relawan Perempuan dan Anak (RPA) Partai Perindo akan mengawal kasus pemerkosaan yang menimpa NY (28), SPG salah satu showroom mobil. Ada sejumlah langkah yang akan diberikan RPA Perindo untuk korban.

Kondisi terkini NY sendiri mengalami gangguan psikis dan trauma mendalam setelah mengalami kejadian ini. Dia bahkan tak bisa bekerja karena merasa takut saat hendak keluar rumah.

Apalagi, satu dari tiga pelaku diketahui masih bebas berkeliaran karena belum ditangkap polisi. Pelaku tersebut disinyalir beperan sebagai calon pembeli mobil yang menghubungi NY.

Berikut sederet langkah perlindungan hukum kepada korban yang disiapkan RPA Partai Perindo;

1. RPA Partai Perindo Bakal Berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya

Upaya perlindungan hukum pertama dari RPA Partai Perindo yakni terus berkoodinasi dengan pihak berwajib.
Ini dilakukan untuk terus mengetahui perkembangan kasus yang ditangani jajaran Polda Metro Jaya.

"Rencananya ke depan kita akan berkoordinasi dengan Kapolda Metro Jaya, Kasat Reskrimnya juga, sehingga kasus ini dapat terang benderang," ungkap Ketua Bidang Data dan Informasi DPP RPA Perindo, Kenzo Farel di Kantor Pusat RPA Parta Perindo, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/2023).

2. RPA Partai Perindo Siapkan Pengacara untuk NY

Untuk mengusut tuntas kasus ini, RPA Partai Perindo juga menyiapkan seorang kuasa hukum yang diberi kuasa oleh langsung oleh NY dalam menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Ketua DPP Bidang Hukum sekaligus pengacara NY, Amriadi Pasaribu mengaku optimistis bisa mengawal kasus ini hingga tuntas.

"Kita juga berharap dan akan mengawal ini agar hukumannya itu lebih berat lagi dengan denda yang maksimal juga yaitu Rp1 miliar itu sesuai dengan UU TPKS yang baru. RPA Perindo akan mengawal ini sampai dengan putusan yang inkrah," ujarnya.

3.Datangkan Psikolog untuk Pulihkan Trauma NY

Rasa trauma NY juga menjadi salah satu atensi RPA Partai Perindo. Sebab, hingga kini korban masih belum bisa melupakan kejadian kelam yang menimpanya itu.

Oleh karenanya, RPA Partai Perindo berencana mendatangkan psikolog khusus guna memulihkan psikis NY.

4. Mengajukan Perlindungan Hukum untuk NY ke LPSK

RPA Partai Perindo berencana mengajukan perlindungan hukum untuk korban pencurian dengan kekerasan dan pemerkossan, NY, kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

5. RPA Partai Perindo Beri Rumah Sementara untuk NY

RPA Partai Perindo siap memberikan NY hunian sementara agar berada di tempat yang aman. Sebab, satu dari pelaku yang berinisial R disinyalir hingga kini belum diamankan.

"Kita juga akan melindunginya dari ancaman-ancaman yang akan terjadi kepada beliau, di luar rumahnya atau kos-kosannya. Dan kita juga akan memberikan rumah perlindungan untuk tempat tinggal korban," kata Amriadi.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)