Perumda Dharma Jaya Bakal Jadi Sentra Protein Hewani di Jakarta

Kamis, 27 Juli 2023 - 07:25 WIB
loading...
A A A
“Kita ingin semua isu strategis tentang protein hewani itu bersumber di sini. Mimpinya, perusahaan ini bisa seperti bursa atau pasar daging. Jadi kita bisa monitor bagaimana pergerakan harga daging di Jakarta dan nasional, bagaimana kebutuhannya dan pasokannya. Nantinya bisa jadi pusat para pelaku industri pangan hewani bermarkas di Perumda Dharma Jaya,” tegas Raditya.

Termasuk merenovasi gudang cold storage yang berada di belakang kantor pusat. Saat ini, kata dia, cold storage memiliki kapasitas 850 ton yang setengahnya disewakan ke eksternal.

Selama renovasi, pihak eksternal ini akan direlokasi, kemudian setelah rampung, mereka bisa menggunakan kembali di lokasi yang lebih baik dengan kapasitas yang lebih luas.

Cold storage ini akan difungsikan sebagai pasar daging. Fasilitas cold storage akan diperbaiki dan ditambah kapasitasnya, yaitu akan ada sekitar 24 reefer kontainer dengan kapasitas masing-masing 40 ton yang dilengkapi sekitar 13 kios untuk disewakan kepada eksternal yang memiliki barang dagangan di kontainer tersebut.

Renovasi cold storage yang berfungsi sebagai pasar daging seluas 2.000 meter persegi akan dimulai pembangunannya pada kuartal 4 tahun 2023 dan ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan, yaitu Januari 2024. Proses pembangunan saat ini sudah dalam tahap perencanaan.

“Proyeksi sampai 2026, kami ingin memiliki cold storage berkapasitas 25.000 ton. Cold storage kita sekarang baru 850 ton yang akan diperbaiki menjadi berkapasitas 1.000 ton. Kemudian akan dibangun yang baru kapasitas 2.000 ton lagi. Lanjut dibangun dengan kapasitas 5.000 ton di tanah yang masih kosong. Jadi bertahap. Tahun ini ditargetkan 3.000 ton,” terang Raditya.

Bertambahnnya kapasitas cold storage dan penyediaan kantor untuk stakeholders atau pihak eksternal merupakan strategi untuk menjadikan Perumda Dharma Jaya sebagai sentra protein hewani di Jakarta.

Diharapkan strategi ini bisa mendorong maju bisnis komersial Perumda Dharma Jaya sekaligus menciptakan lapangan kerja yang baru. Namun tetap tidak melupakan tugas utama Perumda Dharma Jaya sebagai BUMD DKI yaitu melayani masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan hewani.
(thm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0658 seconds (0.1#10.140)