Kapal MT Kakap Selamatkan Perahu Tenggelam di Tanjung Priok

Senin, 24 Juli 2023 - 17:18 WIB
loading...
Kapal MT Kakap Selamatkan Perahu Tenggelam di Tanjung Priok
Kru Kapal MT Kakap milik PIS menyelamatkan enam pria yang kapalnya tenggelam di perairan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (20/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nasib malang menimpa enam pria di perairan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (20/7/2023). Rasa gentar menyelimuti 6 pria ketika kapal yang mereka tumpangi untuk memancing di area Pulau Damar tiba-tiba bocor hingga akhirnya tenggelam .

Lambung kapal rusak karena menabrak benda keras sehingga kapal bocor dan perlahan tenggelam. Meski kru kapal nelayan tersebut telah berusaha keras menguras air yang masuk, kondisi kapal semakin tak tertolong.

“Kejadiannya sekitar sore hari. Kapal nelayan melaju mendekati MT Kakap untuk meminta pertolongan dan dilihat oleh mualim jaga (chief officer) yakni Budi Hartanto yang kemudian melakukan observasi menggunakan binocular,” ujar nakhoda kapal MT Kakap Mohammad Chamdanie saat menuturkan ulang peristiwa tersebut, Senin (24/7/2023).

Kapal MT Kakap merupakan kapal milik PT Pertamina International Shipping (PIS) yang mengangkut produk Petrokimia. Saat kejadiaan berlangsung, kapal MT Kakap sedang berlabuh jangkar di perairan Tanjung Priok dan bersiap berlayar untuk menuju Cilacap, Jawa Tengah.

Chamdanie melanjutkan, saat itu Mualim Budi Hartanto melihat para penumpang di kapal melambaikan tangan meminta tolong kemudian segera direspons untuk aksi penyelamatan. Kapal MT Kakap pun bergerak mendekati sisi kiri kapal nelayan, yang sudah tampak separuh terendam air.

“Kami mendekat perlahan di sebelah kiri, lalu mengirimkan tali untuk menambatkan kapal dan menahan agar tidak semakin tenggelam. Setelah kapal nelayan terikat di lambung kiri kapal, kru MT Kakap segera menurunkan tangga pandu untuk menyelamatkan penumpang ke atas dek,” paparnya.

Total jumlah penumpang sebanyak 6 orang terdiri dari 3 penumpang dan 3 kru kapal. Aksi berlangsung aman dengan seluruh penumpang berhasil diselamatkan dan operasional kapal MT Kakap tidak alami kendala.

Mereka kemudian diberi akomodasi, minuman hangat, dan makanan. Sementara MT Kakap berkomunikasi dengan pemilik kapal nelayan melalui radio dan diberikan respons akan dikirimkan penjemputan untuk para penumpang tersebut.

“Dua kapal penjemput tiba merapat pada pukul 19.50 WIB. Kru dan penumpang kapal nelayan diturunkan dengan selamat yang selanjutnya pula boat yang dalam keadaan 95% tenggelam ditarik menuju pangkalan,” tutupnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)