Kumpul Bareng Perantauan Bangka, DPW Perindo Babel Rayakan Hari Peh Cun di Ancol

Kamis, 22 Juni 2023 - 18:56 WIB
loading...
Kumpul Bareng Perantauan Bangka, DPW Perindo Babel Rayakan Hari Peh Cun di Ancol
Ratusan masyarakat perantauan asal Bangka Belitung yang tergabung dalam Persaudaraan Bangka Bersatu (PBB) merayakan Hari Peh Cun di Pantai Ancol, Kamis (22/6/2023). Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Ratusan masyarakat perantauan asal Bangka Belitung yang tergabung dalam Persaudaraan Bangka Bersatu (PBB) menggelar pertemuan untuk merayakan Hari Peh Cun di Pantai Ancol, Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (22/6/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo Babel Hermanto Phoeng yang juga sebagai panitia mengatakan acara Peh Cun merupakan sebuah tradisi lama masyarakat Bangka untuk mengingat soal kesetiaan dan soliditas.

"Jadi kegiatannya itu ada ritual sembahyang, doa dulu menurut ajaran Khonghucu. Acara hari ini diikuti sembilan group yang melibatkan 500 orang asal Bangka, baik dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Bandung, untuk merayakan Hari Peh Cun," Kata Hermanto.

Lihat Juga: Unik, Begini Ritual Memandikan Perahu pada Perayaan Peh Cun di Karawaci

Hermanto menjelaskan, perayaan Pei Cun identik dengan tradisi zaman dulu atau disebut Su Yuan. Su Yuan merupakan seorang menteri yang memiliki loyalitas, dedikasi tinggi dan kejujuran. serta sangat mencintai negaranya.

Kumpul Bareng Perantauan Bangka, DPW Perindo Babel Rayakan Hari Peh Cun di Ancol


"Jadi semangat Su Yuan itu sampai sekarang diperingati dan jadi simbol kesetiaan bagi negara. Jadi hari ini, perayaan ini juga tepat tanggal 5 bulan 5 Imlek, itu pas magnet bumi Yin dan Yang lagi tinggi," ungkapnya.

Istilah yang dimaksud adalah Matahari bertemu di titiknya, hingga membuat panas yang cukup luar biasa, dan pasang surut rendah dan daya magnet sangat tinggi. Hal ini membuat telur dapat berdiri dan tidak jatuh.

"Jadi dari jam 11 sampai jam 1 daya magnet sangat tinggi. Saat ini juga sangat bagus kalau orang terapi obat-obatan. Daya magnet Yin dan Yang memberikan efek yang luar biasa kepada tumbuh-tumbuhan dan makhluk hidup," tuturnya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, Hermanto mengatakan Partai Perindo yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024, akan terus mendekatkan diri kepada masyarakat, baik di kampung halaman maupun di perantauan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)