Jaga Kelestarian Lingkungan, Relawan Gerebek Sampah dan Tanam Pohon di Sungai Cisadane

Senin, 19 Juni 2023 - 17:31 WIB
loading...
Jaga Kelestarian Lingkungan, Relawan Gerebek Sampah dan Tanam Pohon di Sungai Cisadane
Relawan melakukan aksi bersih-bersih sampah di aliran Sungai Cisadane, Desa Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu (17/6/2023). Foto: Ist
A A A
BOGOR - Sejumlah relawan melakukan aksi bersih-bersih sampah di aliran Sungai Cisadane , Desa Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu (17/6/2023). Belum sampai 30 menit, 10 kantong hitam ukuran 25 liter yang sudah disiapkan dipenuhi sampah.

Kegiatan bersih sampah di Sungai Cisadane merupakan rangkaian aksi lingkungan yang dilakukan holding BUMN pertambangan, MIND ID dalam menjaga kelestarian alam.

Selain membersihkan sampah, MIND ID yang berkolaborasi dengan Jurnalis Indonesia Peduli (JIP) dan komunitas lingkungan KTT Nusa Organik itu juga menanam ratusan pohon dan melepasliarkan ribuan bibit ikan lele di Sungai Cisadane.

"MIND ID berkomitmen terus menjaga keseimbangan alam dan melestarikan lingkungan," kata Kadiv Institusional Relations MIND ID Selly Adriatika, Senin (19/6/2023).

"Kegiatan hari ini adalah aksi nyata kami turut serta menjaga kelestarian ekosistem Sungai Cisadane yang memiliki peran vital bagi masyarakat, khususnya di Jabodetabek," tambahnya.

Pihaknya terus mendorong dan menginisiasi seluruh program yang mendukung penghijauan dan pelestarian lingkungan. Selain berguna merawat iklim juga menjaga keramahan ekosistem hayati sekitar.

MIND ID juga berkomitmen terus menjaga keseimbangan alam dan melestarikan lingkungan. Tidak hanya di wilayah yang membutuhkan perhatian khusus seperti aliran sungai yang kerap berpotensi sebagai penyebab banjir, namun juga upaya tanggung jawab operasional penambangan.

Di antaranya mereklamasi lahan bekas tambang menjadi ekowisata, pengolahan limbah hasil penambangan yang ramah lingkungan, dan lainnya. "Kami mengapresiasi teman-teman dari JIP dan KTT Nusa Organik karena memang perlu dukungan dari multistakeholder dalam upaya mewujudkan tujuan bersama yaitu lingkungan tempat tinggal ramah dan nyaman serta berkelanjutan," ujar Selly.

Ketua Jurnalis Indonesia Peduli Abdul Rosyid mengatakan, aksi peduli lingkungan yang diinisiasi MIND ID digelar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2023 lalu.

Dia berharap aksi peduli lingkungan yang digelar MIND ID dapat dilakukan secara berkelanjutan. Inisiatif tersebut diharapkan juga dapat menginspirasi seluruh pihak untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian sekaligus menekan pencemaran alam.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)