Lomba Paskibraka, PDIP: Gelorakan Patriotisme di Kalangan Pemuda

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 17:06 WIB
Lomba Paskibraka, PDIP: Gelorakan Patriotisme di Kalangan Pemuda
Lomba Paskibraka, PDIP: Gelorakan Patriotisme di Kalangan Pemuda
A A A
JAKARTA - Lomba Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang digelar oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Monumen Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat mempunyai arti untuk menggelorakan semangat patriotisme di kalangan pemuda.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto yang hadir dalam lomba yang diikuti perwakilan dari 30 SMA/SMK di DKI Jakarta mengatakan, Proklamasi 17 Agustus 1945 diawali dengan Pidato Bung Karno yang menegaskan pernyataan patriotik: 'Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib tanah air di dalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuatnya'.

"Semangat itulah yang mewarnai lomba Paskibraka yang diikuti oleh 30 Tim Paskibraka dari 30 SMA/SMK se-DKI Jakarta," kata Hasto di Monumen Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/8/2016).

Hasto mengatakan, Paskibraka dilatih untuk berdisiplin menghormati Sang Saka Merah Putih. Mereka dilatih untuk menghikmati keseluruhan prosesi pengibaran bendera yang menjadi lambang kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.

"Perhatian kepada pemuda sengaja diberikan oleh PDI Perjuangan," tukasnya. (Baca: 30 SMA/SMK se-Jakarta Ikuti Lomba Paskibrakan PDIP)

Menurut Hasto, Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian hanya akan dapat tercapai melalui investasi kepemimpinan bangsa. Bagi PDIP, kata Hasto, generasi muda tidak hanya masa depan bangsa, tetapi mereka menjadi penentu kepeloporan Indonesia ke depan.

"Kedisiplinan dan patriotisme yang ditanamkan menjadi modal penting.
Lomba paskibraka tersebut akan dilakukan dalam skala yang lebih luas, dan dalam perspektif historis," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hasto juga mengatakan, bahwa Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri pernah tercatat sebagai Paskibraka.

"Lomba ini merupakan arahan dari Ibu Ketua Umum untuk menggelorakan semangat patriotisme dikalangan pelajar Indonesia," pungkasnya.

Lomba Paskibraka ini juga dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia ke 71, PDIP menyediakan hadiah sebesar Rp50.0000.000 untuk juara pertama ditambah trofi plus MacBook Pro. Kemudian juara dua hadiah sebesar Rp30.000.000 dan trofi plus laptop. Adapun juara tiga hadiahnya sebesar Rp20.000.000 plus trofi dan laptop.

Dalam acara tersebut, hadir juga Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, Ribka Tjiptaning, beberapa elite PDIP DKI Jakarta seperti Prasetyo Edi Marsudi. Adapun juri dalam lomba itu adalah Yuri dari Purna Paskibraka Indonesia, Zainuddin dari Dinas Olahraga, dan Darma, pelatih Paskibraka yang punya latar belakang dari TNI AL.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6489 seconds (0.1#10.140)