KPAI Minta Sarana Mudik Ramah Anak Dipenuhi

Senin, 04 Juli 2016 - 18:11 WIB
KPAI Minta Sarana Mudik Ramah Anak Dipenuhi
KPAI Minta Sarana Mudik Ramah Anak Dipenuhi
A A A
JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta pemerintah dan pihak swasta serta orangtua agar lebih peduli dengan sarana dan fasilitas bagi anak terpenuhi saat mudik dan arus balik. Selain itu, suasana mudik lebih bersifat ramah anak.

Ketua KPAI Asrorun Ni'am mengatakan, sejumlah pihak di antaranya kepolisian, pihak angkutan, hingga pengelola area peristirahatan (rest area) agar lebih mengutamakan kepentingan anak. Seperti di terminal, stasiun, dan bandara.

"Perhatikan kepentingan keselamatan anak saat mudik. Angkutannya lalu keselamatan anak di stasiun, terminal, dan bandara sekalipun. Ada playground lalu ada ruang menyusui serta pemenuhan sarana rest area," kata Ni'am di Depok, Senin (4/7/2016).

Ia meminta agar Kementerian Perhubungan mendukung fasilitas tersebut. Salah satu solusi lainnya yakni meminta sekolah taman anak-anak yang ada di jalur mudik menyediakan sarana bermain bagi anak yang sedang mudik bersama orangtyanya.

"Misalnya jenuh di jalan saat mudik ada sekolah di pinggir jalan. Dan ada playgroup sediakan makanan atau tempat bermain, lalu sarana ibadah membantu menyediakan tempat istirahat misalnya," paparnya.

Ni'am menambahkan, begitupun kebutuhan toilet bagi anak dan pemudik. Apalagi jika pemudik menggunakan sepeda motor melebihi kapasitas penumpang dan membawa anak-anak.

"Pemudik bawa anak naik motor itu harus diperhatikan. Dirlantas misalnya memastikan keamanan atau berikan alternatif mudik," jelasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8422 seconds (0.1#10.140)