Berlatih Digital Marketing, Emak-emak Pelaku UMKM Perluas Pangsa Pasar

Kamis, 08 Juni 2023 - 15:53 WIB
loading...
Berlatih Digital Marketing, Emak-emak Pelaku UMKM Perluas Pangsa Pasar
Relawan Muslimah Ganjar Pranowo menggelar pelatihan digital marketing di Paseban, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Muslimah Ganjar Pranowo menggelar pelatihan digital marketing. Pelatihan di daerah Paseban, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat itu diikuti puluhan ibu-ibu.

Korda Muslimah Ganjar Pranowo Kecamatan Senen Kuswati mengatakan, pelatihan digelar karena mayoritas warga di sana adalah pelaku UMKM. "Di sini memang banyak pedagang-pedagang kecil, pemilik-pemilik usaha kecil, jadi di sini masih belum mengerti artinya digital marketing itu seperti apa," kata Kuswati, Rabu (7/6/2023).

Kuswati menerangkan pelatihan tujuan agar para muslimah dapat memperluas pasar UMKM. Menurutnya, masih banyak dari para peserta yang belum memahami apa itu digital marketing. "Jadi, setelah ada acara ini jadi lebih paham untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi ke depannya. Dan lebih luas lagi," ujarnya.

Lebih lanjut, Kuswati menjelaskan, seiring berkembangnya bisnis lewat digital marketing maka keuntungan yang didapat juga akan terus bertambah. "Masyarakat di sini biasanya gaptek dengan HP. Jadi kita ingin agar ke depannya (masyarakat) lebih pintar untuk dagang secara online. Jadi bukan hanya di lingkungan kita berjualannya," jelasnya.

Siti Aminah, pemateri dalam pelatihan tersebut mengungkapkan, mengetahui cara digital marketing adalah sesuatu yang sangat penting. Wanita yang telah berpengalaman di bidang digital tersebut mendorong para pelaku UMKM bisa membawa usahanya mengikuti perkembangan zaman.

Bila tidak memiliki gawai untuk memulai digital marketing, menurut Siti, hal itu tidak menjadi masalah. Para pelaku UMKM bisa meminta bantuan dan bimbingan dari kerabatnya yang memiliki gawai.

"Amat disayangkan kalau tidak dimanfaatkan literasi digitalnya. Apalagi ada WhatsApp, Tiktok, Instagram, dan lain sebagainya. Itu bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas daya jual dan daya tawar," katanya.

Muslimah Ganjar Pranowo merupakan relawan yang beranggotakan para muslimah dari berbagai kalangan usia. Selain memiliki misi mensosialisasikan dan berusaha memenangkan Ganjar dalam Pilpres 2024, mereka juga berkomitmen untuk bisa bermanfaat kepada masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai pelatihan dan bantuan yang telah mereka berikan.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)