Tahun Ini, Transjakarta Uji Coba Penyambungan Rute Layanan dengan Trans Pakuan Bogor

Selasa, 16 Mei 2023 - 06:46 WIB
loading...
Tahun Ini, Transjakarta Uji Coba Penyambungan Rute Layanan dengan Trans Pakuan Bogor
Pemprov DKI Jakarta bersama Pemkot Bogor berencana tahun ini melakukan integrasi Transjakarta dengan Trans Pakuan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Welfizon Yuza mengungkapkan tahun ini pihaknya akan melakukan uji coba penyambungan rute dengan Trans Pakuan. Namun, terkait waktu pastinya uji coba itu masih dalam tahap pembahasan.

“Dalam waktu dekat kita akan mulai dengan uji coba dulu nanti. Jadi kalo misalnya formatnya udah ada beberapa opsi, nanti kita akan mulai uji coba,” kata Yuza dalam keterangannya, Selasa (16/5/2023).



Yuza menyebutkan tahapan perencanaan penyambungan rute Transjakarta-Trans Pakuan dilanjutkan pada Kamis (11/5/2023) lalu dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan Perumda Trans Pakuan Kota Bogor dengan Dishub DKI Jakarta.

“Salah satu isi dari MoU itu adalah membentuk tim bersama. Jadi untuk bisa mempercepat proses kerja sama ini, tim teknis lagi membahas, baik itu dari sisi operasional dan layanannya atau dari sisi lainnya,” ujar dia.

Lebih lanjut, Yuza belum mengetahui berapa jumlah armada Trans Pakuan yang akan tersedia dalam program penyambungan rute lantaran PT Transjakarta dan Perumda Transportasi Kota Bogor menentukan titik awal keberangkatan dari Bogor beserta haltenya.



“Belum ada, jadi kita akan lihat, titiknya pun juga saat ini sedang dipelajari, jadi dari Bogor itu titiknya di mana yang akan kita gunakan,” jelas dia.

Untuk diketahui,Pemprov DKIJakarta bersamaPemkot Bogorberencana melakukan integrasi antaraTransjakartadengan Trans Pakuan. Ini dilakukan untuk meningkatkan konektivitas transportasi Jakarta dengan Bogor.



Rencana tersebut telah dibahas Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dengan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Rencana itu salah satu upaya memecah kepadatan transportasi yang sudah ada seperti kereta rel listrik (KRL) dan Tol Jagorawi.

”Kami bahas terkait dengan transportasi. Kami sudah berdiskusi jika ada kepadatan (lalu lintas) di Bogor, maka akan difasilitasi untuk bisa masuk ke Jakarta menggunakan bus Transjakarta,” kata Heru dalam keterangannya dikutip, Jumat (5/5/2023).

Heru menuturkan, nantinya layanan rute Trans Pakuan ada perpanjangan dari Bogor menuju Cibubur, Jakarta Timur yang akan langsung tersambung dengan layanan Transjakarta.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)