Tingkatkan Ekonomi Warga, OMG Gelar Pembuatan Kerupuk Kijing

Sabtu, 13 Mei 2023 - 08:27 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi Warga, OMG Gelar Pembuatan Kerupuk Kijing
Relawan OMG memberikan Pelatihan UMKM Pembuatan Kerupuk Kijing kepada masyarakat Kampung Kerang, Clincing, Jakarta Utara, Jumat (12/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) memberikan Pelatihan UMKM Pembuatan Kerupuk Kijing kepada masyarakat Kampung Kerang, Clincing, Jakarta Utara. Tujuan pelatihan untuk memanfaatkan potensi dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Kami membangkitkan UMKM yang paling ikonik di tempat ini, yaitu kerupuk kerang ijo. Mayoritas warga di sini adalah pengupas kerang ijo, jadi kami membuat inovasi kerupuk kerang ijo," kata Wakil Korwil OMG DKI Jakarta Widodo, Jumat (12/5/2023).

Diketahui, Kampung Nelayan Cilincing punya sentra pengupas kulit kerang yang terkenal dan unik dalam mengolah kerang yang kaya manfaat tersebut. Salah satu olahan khasnya kerupuk kijing, yang selama ini menjadi cemilan khas daerah setempat.

Pada kesempatan pertama kali ini, OMG memberikan pelatihan dasar seputar proses produksi kerupuk kerang ijo. Meliputi pemilihan bahan baku dan cara pengolahan untuk mendapatkan cita rasa yang lezat. "Tahap pertama kami memberikan ilmu agar para peserta paham mengenai bahan baku bumbu yang dibutuhkan dan potensi lainnya seputar penjualan kerang ijo," tambahnya.

Widodo menjelaskan terkait dengan potensi pengembangan dari kerupuk kijing tersebut. Dengan keunikan dan rasa kerang yang khas, Widodo yakin produk turunan tersebut bisa diterima dan dinikmati masyarakat sehingga bisa menjadikan wilayah tersebut menjadi sentra kerupuk kijing di Indonesia.

"Potensi pasti ada karena memang demand-nya sudah ada. Yang kami perlukan saat ini adalah inovasi dalam pengemasan dan perluasan pemasarannya aja," lanjutnya.

Ke depan, OMG akan memberikan pelatihan pemasaran lanjutan. Termasuk menyediakan sarana pemasaran.
"Seperti membuat akun ecommerce serta menciptakan diversifikasi produk yang akan dipasarkan," jelasnya.

Widodo berharap kegiatan tersebut bisa memberikan dampak positif terhadap wilayah setempat dan mendorong perkembangan UMKM."Kemudian, kita juga berharap para masyarakat dapat menerima dengan baik kedatangan kami sebagai kepanjangan tangan dalam menanamkan nilai-nilai Pak Ganjar Pranowo khususnya di bidang UMKM," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)