Pelatihan Budi Daya Melon di Perkotaan, PMN Ajak Milenial Tangerang Bertani

Rabu, 10 Mei 2023 - 15:30 WIB
loading...
Pelatihan Budi Daya Melon di Perkotaan, PMN Ajak Milenial Tangerang Bertani
PMN DKI Jakarta-Banten menggelar pelatihan budi daya melon di Kota Tangerang, Selasa (9/5/2023). Pelatihan ini bertujuan mengajak milenial setempat tertarik untuk bertani. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TANGERANG - Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) DKI Jakarta-Banten menggelar pelatihan budi daya melon di Kota Tangerang. Pelatihan ini bertujuan mengajak milenial setempat tertarik untuk bertani.

“PMN menggelar sebuah pelatihan tentang budi daya melon bekerja sama dengan ketua kelompok pertanian di Cimone Jaya,” kata Korwil PMN DKI Jakarta-Banten Yuda di Kelurahan Cimone Jaya, Kota Tangerang, Banten, Selasa (9/5/2023).

Dalam pelatihan itu, milenial diedukasi tentang tahap-tahap budi daya melon. Mulai dari pemanfaatan lahan, penyiapan media tanam, penanaman, perawatan tanaman, hingga panen.

Selain itu, para pendukung Ganjar Pranowo itu juga mengajari teknik pemangkasan bagian tanaman. Ini bertujuan merangsang pertumbuhan tunas produktif dan mengurangi risiko terjadinya serangan hama.

Menurut Yuda, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para milenial. Khususnya meningkatkan minat anak muda di sektor budi daya melon.

“Sekarang kan milenial itu jarang sekali yang cinta sama pertanian. Kami harap semoga pemuda-pemuda yang ikut pelatihan ini bisa menjadi petani milenial walaupun berada di tengah kota,” ujarnya.

Pelatihan ini juga merupakan bentuk ajakan kepada kaum milenial perkotaan untuk tertarik bertani meski di lahan terbatas. “Jadi tidak ada alasan untuk tidak menanam walaupun orang urban atau orang perkotaan,” tandasnya.

PMN berkomitmen untuk menebar manfaat kepada para pemuda melalui berbagai kegiatan pelatihan. Salah satu pelatihan yang akan digelar dalam waktu dekat adalah budi daya ikan.

Ketua Kelompok Tani Kelurahan Cimone Jaya, Muhammad Surya mengatakan, antusiasme milenial yang mengikuti pelatihan budidaya melon di perkotaan sangat tinggi. Ada banyak ilmu yang didapatkan para peserta pelatihan.

Dia berharap ilmu-ilmu yang sudah diberikan dapat meningkatkan produktivitas anak-anak muda. “Untuk ilmu yang saya sampaikan itu tadi di antaranya media tanam, penyemaian, pemangkasan, terus diakhiri dengan panen. Antusiasme anak muda yang ada di sini bagus, baik, sangat produktif,” katanya.

Selain pelatihan, PMN memberikan bantuan berupa pembangunan green house dan media tanam melon. PMN juga membagikan bibit tanaman melon untuk dibudi daya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)