Masih Suasana Lebaran, Aksi May Day di Kota Bekasi Diundur

Sabtu, 29 April 2023 - 07:49 WIB
loading...
Masih Suasana Lebaran, Aksi May Day di Kota Bekasi Diundur
Aksi May Day sedianya diperingati setiap tanggal 1 Mei. Namun khusus tahun ini, aksi buruh di Kota Bekasi diundur karena pertimbangan mudik Lebaran. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
BEKASI - Aksi Hari Buruh Internasinal atau May Day sedianya diperingati setiap tanggal 1 Mei. Namun khusus tahun ini, aksi buruh di Kota Bekasi diundur karena pertimbangan mudik Lebaran.

Hal itu berdasarkan kesepakatan bersama Serikat Pekerja. Aksi May Day di Kota Bekasi diundur hingga 6 Mei 2023, yang akan dipusatkan di Alun-Alum M Hasibuan.


“Kami telah menyepakati (bersama serikat pekerja) bahwa tanggal 6 Mei 2023 akan berkumpul di Alun Alun M Hasibuan Kota Bekasi sebagai peringatan Hari Buruh Internasional, ini lantaran masih banyak yang pulang kampung pada Senin lusa," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Bekasi Ika Indah Yarti dalam keterangannya, Sabtu (29/4/2023).

Untuk mengamankan aksi May Day, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah meminta sinergitas TNI-Polri. Sinergitas itu dilakukan agar aksi yang dilakukan buruh tetap bisa menjaga kondusivitas di Kota Bekasi.



“Tentunya dengan peringatan besar ini, Pemerintah Kota Bekasi akan melibatkan sinergitas bersama Polres Metro Bekasi dan Kodim 0507 Bekasi untuk menjaga suasana aman dan damai saat melakukan aksi hari buruh bagi pekerja,” kata Ika.

Menurut Ika, tuntutan aksi unjuk rasa buruh masih terkait besaran kesejahteraan sebagaimana yang disampaikan setiap tahunnya. Ika pun memastikan setiap aspirasi buruh akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat.

“Untuk usulan kenaikan UMK tahun 2024 akan mengikuti regulasi yang berlaku. Tapi tentunya Pemerintah Kota Bekasi akan tetap menyampaikan aspirasi buruh kepada Gubernur Jawa Barat dan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia,” tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)