7 Rekomendasi Jajanan Jakarta yang Cocok Dibawa Mudik

Rabu, 19 April 2023 - 00:03 WIB
loading...
7 Rekomendasi Jajanan Jakarta yang Cocok Dibawa Mudik
Terdapat sejumlah jajanan Jakarta yang cocok dibawa untuk mudik lebaran. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jajanan Jakarta yang cocok dibawa untuk mudik lebaran . Mempersiapkan oleh-oleh ketika akan pulang kampung sudah jadi tradisi yang tak pernah pudar.

Meski terkenal sebagai kota metropolitan yang banyak didatangi para perantau dari berbagai budaya, kudapan khas Betawi yang telah lama bertahan tak pernah tergerus dan selalu jadi incaran para perantau untuk dijadikan oleh-oleh karena punya cita rasa unik.


Jajanan Jakarta

Berikut tujuh rekomendasi jajanan Jakarta yang dapat dijadikan oleh-oleh saat mudik Lebaran.

1. Kembang Goyang

Koe kering yang renyah ini punya bentuk unik menyerupai bunga. Dinamakan kembang goyang, karena pada proses pembuatannya, cetakan kembang akan digoyang-goyang sampai adonan lepas. Rasa manis dan gurih membuat camilan ini jadi buruan untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Jakarta.

2. Dodol Betawi

Dodol yang punya ukuran cukup besar ketimbang dodol pada umumnya ini punya rasa manis, gurih, bercampur dengan tekstur kenyalnya yang buat orang ketagihan. Terdapat beberapa varian rasa dari dodol Betawi ini, mulai dari ketan putih, ketan hitam, hingga durian.

3. Kue Semprong

Kue Semprong yang punya tekstur dan rasa menyerupai kembang goyang ini mulai jarang ditemui. Berbeda dari semprong pada umumnya yang punya bentuk memanjang, semprong Jakarta ini memiliki bentuk menyerupai segitiga.

4. Kue Biji Ketapang

Meskipun namanya kue biji ketapang, bahan baku kue ini bukanlah dari ketapang sungguhan, melainkan dari terigu, margarin, gula, santan, telur dan vanila. Adonan tersebut nantinya akan dipotong kecil kecil menyerupai biji ketapang.


5. Kue Akar Kelapa

Kue khas betawi selanjutnya ini punya bentuk memanjang yang terbuat dari tepung ketan, tepung beras, dan santan. Membuatnya memiliki rasa manis dan gurih ditambah dengan tekstur renyah yang membuatnya makin nikmat.

6. Roti Buaya

Roti Buaya tidak hanya dijadikan sebagai pelengkap adat upacara pernikahan Betawi, namun bisa juga dijadikan oleh-oleh ketika mudik Lebaran. Kue yang punya tekstur lembut ini memiliki beberapa varian isian, mulai dari coklat, selai, hingga keju.

7. Bir Pletok

Beralih ke minuman, ada bir pletok yang terbuat dari berbagai macam rempah yang kaya akan khasiat dengan rasa khas dan bau harumnya. Minuman ini bisa jadi pelengkap oleh oleh bila tidak ingin hanya membawa makanan saja.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)