Revitalisasi Kawasan Monas, Pemprov DKI Gelontorkan Dana Rp100 Miliar

Selasa, 11 April 2023 - 15:33 WIB
loading...
Revitalisasi Kawasan Monas, Pemprov DKI Gelontorkan Dana Rp100 Miliar
Pemprov DKI Jakarta segera menghijaukan kembali kawasan Monumen Nasional (Monas). Anggaran yang disiapkan untuk revitalisasi Monas mencapai Rp100 miliar. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera menghijaukan kembali kawasan Monumen Nasional (Monas). Anggaran yang disiapkan untuk revitalisasi Monas mencapai Rp100 miliar.

“Kita (target) selesai maksimal pertengahan tahun depan, startnya di bulan 7 dan 8, itu tahap pertama ya. Tahap pertama itu (anggarannya) Rp100 miliar,” ujar Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta, Afan Adriansyah, di Balai Kota, Selasa (11/4/2023).

Afan menuturkan dana Rp100 miliar itu berasal dari kolaborasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Ada dari penyelesaian sanksi kewajiban dan lain-lain,” jelasnya.



Menurut dia, revitalisasi ini bertujuan untuk menghijaukan kembali kawasan wisata di Ibu Kota tersebut. Nantinya, 300 pohon akan kembali ditanam.

“Kita ini kan spiritnya hijau ya. Itu ada lebih dari 300 pohon yang nanti akan ditanam. Kita juga tidak akan sembarangan take out pohon,” kata Afan.

Pemprov DKI juga akan melakukan pengecekan terhadap kondisi pohon yang berada di kawasan Monas. Apabila kondisi pohon sudah tidak layak hal itu akan ditangani oleh petugas.



Diketahui, penanaman kembali pohon di kawasan Monas menjadi perhatian Heru Budi Hartono begitu menjabat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan.

Kebijakan Heru ini tentu berbeda dengan era Gubernur Anies Baswedan yang membangun Plaza Selatan.

Menurut Heru, penanaman kembali pohon tersebut dalam rangka penghijauan kawasan Monas. Tak hanya itu, Heru ingin merevitalisasi kawasan parkir IRTI Monas.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)