MNC Peduli Dorong Kreativitas Daur Ulang Sampah Kelompok Pekka di Tambun Bekasi

Selasa, 04 April 2023 - 21:23 WIB
loading...
MNC Peduli Dorong Kreativitas Daur Ulang Sampah Kelompok Pekka di Tambun Bekasi
MNC Peduli mendorong kelompok Pekka di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi memproduksi sampah kertas menjadi barang prakarya. Foto: MPI/Ade Suhardi
A A A
BEKASI - MNC Peduli mendorong kelompok Perempuan Kepala Rumah Tangga (Pekka) di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi memproduksi sampah kertas menjadi barang prakarya. Kreativitas tersebut mampu meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga.

Ratna, anggota kelompok Pekka mengatakan, keterampilan ini sangat menjadi bekal untuk ibu-ibu dalam beraktivitas karena nilainya sangat tinggi.

Memanfaatkan ruang waktu sambil berkreativitas ini bisa di rumah sambil menonton televisi atau mengasuh anak. Kemudian, juga mengisi waktu berbuka puasa.
Baca juga: MNC Peduli Daur Ulang Sampah Kertas Bersama Kelompok Pekka di Bekasi

"Setelah selesai kegiatan di dapur pokoknya biasalah namanya ibu rumah tangga sambil nonton televisi membuat kerajinan," ujar Ratna, Selasa (4/4/2023).

Kreativitas kerajinan tangan yang biasanya dilakukan seperti gantungan kunci atau umpamanya seperti tempat tatakan gelas, pot bunga, tempat lampu dan lainnya bisa menghasilkan keuntungan tergantung pesanan dan model produk yang dipesan.

"Hasil karya misalnya satu tatakan gelas Rp15 ribu, pot bunga Rp15 ribu, bahkan tempat lampu bisa seharga Rp150 ribu ya jadi kita bisa menghasilkan uang," katanya.

Head of CSR MNC Group Tengku Havid menuturkan kegiatan tersebut sebagai langkah penanggulangan sampah kertas dalam lingkungan kantor. MNC Peduli mengajak karyawan MNC Group mengumpulkan sampah kertas untuk dapat didaur ulang.

"Ini merupakan program kegiatan pemberdayaan perempuan MNC Peduli di mana ada kontribusi karyawan MNC Group dengan mengumpulkan koran atau majalah bekas," ujarnya.

Melalui program ini diharapkan dapat mengurangi permasalahan sampah sekaligus mendukung produk UMKM Pekka sehingga memberikan penghasilan tambahan kepada kelompok ibu-ibu.

"Kami kontribusikan kepada kelompok usaha bersama perempuan sebagai kepala rumah tangga yang bisa dimanfaatkan didaur ulang menjadi kerajinan bernilai ekonomis tinggi yang membantu perekonomian keluarga masing-masing anggotanya," kata Havid.

Diketahui, MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, serta pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di website mncpeduli.org.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)