Pekan Depan Dibongkar, Pedagang Direlokasi ke Tempat Ini

Kamis, 19 November 2015 - 22:27 WIB
Pekan Depan Dibongkar, Pedagang Direlokasi ke Tempat Ini
Pekan Depan Dibongkar, Pedagang Direlokasi ke Tempat Ini
A A A
JAKARTA - Sebanyak 334 bangunan liar di atas Saluran Irigasi Tengah Kalimalang, Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur pekan depan akan dibongkar. Karena, saat ini lokasi tersebut tidak sesuai fungsi.

"Lahan yang ditempati PKL (pedagang kaki lima) dan warga itu adalah milik perairan. Saat ini lahan akan dikembalikan ke fungsinya sebagai saluran air dan jalan inspeksi. Mereka harusnya legowo karena ini lahan pemerintah," kata Camat Cakung Alamasyah di Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Maka itu, petugas Satpol PP memberikan Surat Peringatan (SP3) terhadap para pemilik bangunan liar tersebut sebagai pemberitahuan untuk mengosongkan bangunan. Namun, PKL dan warga sekitar menolaknya dnegan cara berunjuk rasa di depan kantor Camat Cakung.

Sementara itu, Lurah Cakung Barat Henrika Kuswandari menjelaskan, dari 334 bangunan liar ini, 173 di antaranya merupakan bangunan milik pedagang. Selebihnya adalah bangunan rumah tinggal milik warga.

Namun tidak seluruh bangunan tersebut dibongkar hingga rata dengan tanah. Hanya bagian pagar, tembok dan halaman yang dibongkar karena tempatnya berada di atas saluran air. (Baca: Pedagang Demo, Camat: Pekan Depan Dibongkar)

"Jarak enam meter dari saluran irigasi, akan dijadikan jalan inspeksi yang menghubungkan wilayah Tipar Cakung dan Cakung Cilincing (Cacing). Makanya harus dilakukan penertiban karena di atas saluran air masih banyak bangunan liar," kata Henrika.

Mengenai rencana relokasi, para pedagang ini akan direlokasi ke empat lahan kosong milik warga yang ada di wilayah RT09/7 Cakung Barat. Lahan tersebut masing-masing milik H Makmur, H Deri, H Nazar dan H Zulkarnaen.

"Ada satu lahan lagi yang masih kosong milik H Salam. Namun pemiliknya hingga kini belum meresponnya. Seluruh lahan kosong ini jaraknya berdekatan dan mampu untuk menampung lebih dari 100 pedagang," tuturnya.

PILIHAN:

Selama 4 Tahun, ABG Jadi Budak Nafsu Paman dan Sepupunya
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8573 seconds (0.1#10.140)