SXSW 2023 di Texas, Pemprov DKI Tampilkan Inovasi Industri Kreatif dan Teknologi Karya Anak Bangsa

Kamis, 16 Maret 2023 - 21:22 WIB
loading...
SXSW 2023 di Texas, Pemprov DKI Tampilkan Inovasi Industri Kreatif dan Teknologi Karya Anak Bangsa
Pemprov DKI berkolaborasi dengan Kemenparekraf turut berpartisipasi pada acara South by Southwest (SXSW) yang berlangsung di Texas, AS, pada 10-19 Maret 2023. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi ( Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, turut berpartisipasi pada acara South by Southwest (SXSW) yang berlangsung di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS), pada 10-19 Maret 2023.

SXSW merupakan acara tahunan yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya para pelaku industri kreatif global. Acara ini menampilkan berbagai program seperti musik, film, interaktif, teknologi, pendidikan, dan konferensi bisnis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata menyatakan, partisipasi DKI dalam acara SXSW 2023 adalah kesempatan emas untuk mempromosikan produk-produk inovatif dan berkualitas tinggi dari industri kreatif dan teknologi Jakarta kepada dunia.



Menurut dia, Jakarta akan membawa semangat inovasi industri kreatif dan teknologi ke acara SXSW 2023. Ia berharap event dapat memperluas jaringan kerja sama, meningkatkan kemitraan dengan pelaku industri global, serta membuka peluang baru untuk meningkatkan ekspor produk-produk kreatif Indonesia di pasar internasional.

"Sehingga dapat memperkuat posisi Jakarta sebagai pusat kreativitas dan inovasi teknologi di Asia," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (16/3/2023).

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Helma Dahlia menambahkan, dalam event ini Indonesia menghadirkan sembilan delegasi, dimana lima delegasi pelaku teknologi dan industri kreatif berasal dari Jakarta.

"Kelimanya yaitu PT Aurora Cantika Globalindo (Alatte Beauty), PT Aruvana Virtual Semesta (Aruvana), PT Produksi Kreatif Anak Bangsa (GoPlay), PT Cerita Horologi Indonesia (Horology Story), dan PT Likuid Jaya Inisiasi (Sermorpheus),” katanya.



Subkoordinator Hubungan Antar Lembaga dan Fasilitasi HKI Lucky Wulandari yang juga turut mendampingi delegasi dari Jakarta di SXSW 2023, menambahkan,
partisipasi ini akan membawa manfaat besar bagi Jakarta, baik dalam hal promosi, investasi, maupun kerja sama internasional, serta membawa inspirasi dan wawasan baru bagi pengembangan Kota Jakarta ke depan.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor produk kreatif Indonesia mencapai USD16,4 miliar pada tahun 2022. Data tersebut menunjukkan bahwa produk-produk kreatif Indonesia telah berhasil menembus pasar internasional dan mendapatkan pengakuan dari konsumen di luar negeri.

Produk kreatif Indonesia juga mampu bersaing di pasar internasional dan dapat menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen di seluruh dunia.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)