5 Kebakaran Hebat di Jakarta, Nomor 1 Belasan Orang Meninggal Dunia

Selasa, 07 Maret 2023 - 09:01 WIB
loading...
5 Kebakaran Hebat di Jakarta, Nomor 1 Belasan Orang Meninggal Dunia
Sejumlah anggota polisi berjaga di sekitar rumah warga yang terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kebakaran di Jakarta adalah hal yang cukup sering terjadi. Sepanjang tahun 2022, setidaknya ada 645 kasus kebakaran di Jakarta.

Selain itu, ada pula 14 kasus tanah longsor dan 129 kasus banjir. Kebakaran merupakan peristiwa yang tak jarang menelan korban. Bahkan, di tahun 2023 sudah beberapa kali kasus kebakaran terjadi.

Berikut adalah lima peristiwa kebakaran hebat yang menelan korban jiwa di Jakarta:

1. Tragedi Plumpang

Kebakaran melanda Depo Pertamina di Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada 3 Maret 2023. Api diketahui muncul pada sekitar pukul 20.11 WIB dan melalap ratusan rumah di wilayah tersebut.

Berdasarkan data Koramil 01 Koja, setidaknya ada 19 korban tewas dalam peristiwa itu, sementara total pengungsi mencapai 600 orang. Banyaknya masyarakat yang terdampak diakibatkan lokasi tempat tinggalnya sangat dekat dengan depo tersebut.

Dari berbagai video amatir yang tersebar di dunia maya, terlihat jilatan api disertai dengan suara ledakan yang sangat dahsyat. Sekitar 52 mobil pemadam kebakaran dan 250 personel damkar dikerahkan untuk menjinakkan api.

Usai lebih dari 2 jam, api akhirnya bisa dipadamkan. Presiden Joko Widodo memberikan opsi relokasi untuk masyarakat di sekitar depo. Jokowi juga meminta Menteri BUMN dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta untuk segera memutuskan solusi tepat, tentunya agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

2. Kebakaran 3 Rumah di Kalideres

Sebanyak tiga rumah di Kamal, Kalideres, Jakarta Barat, ludes dilalap si jago merah pada 4 April 2022. Dalam peristiwa itu, satu orang meninggal dunia. Menurut keterangan pihak Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), kebakaran tersebut terjadi pada pukul 02.32 WIB, kala penghuni rumah sedang tertidur pulas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3194 seconds (0.1#10.140)