Kota dan Kabupaten DKI Jakarta Raih Adipura dari KLHK, PJ Gubernur Heru: Ini Sejarah

Rabu, 01 Maret 2023 - 08:34 WIB
loading...
Kota dan Kabupaten DKI Jakarta Raih Adipura dari KLHK, PJ Gubernur Heru: Ini Sejarah
DKI Jakarta mencatat sejarah baru dengan meraih penghargaan Adipura dari KLHK RI yang dicapai seluruh Kota dan Kabupaten Administrasi DKI. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Provinsi DKI Jakarta mencatat sejarah baru dengan meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI yang dicapai seluruh Kota dan Kabupaten Administrasi DKI.

Capaian ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan apresiasi dan mengucapkan selamat atas perolehan penghargaan Adipura. Ia berharap capaian ini dapat dipertahankan di tahun-tahun berikutnya.

“Selamat kepada Wali Kota dan Bupati atas penghargaan Adipura ini. Termasuk, di Jakarta Selatan yang mendapatkan penghargaan taman. Ke depan, saya minta kita bisa mempertahankan kembali Adipura ini di seluruh wilayah,” kata Heru, Rabu (1/3/2023).

Pemprov DKI Jakarta juga berkomitmen mendorong pencapaian target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga sesuai Perpres No. 97 Tahun 2017 untuk menjadikan semua kota/kabupaten mengelola sampah 100 persen dengan 30 persen pengurangan dan 70 persen penanganan pada tahun 2025.

”Tentunya, kita berharap sinergi dari tingkat Provinsi dan Dinas bisa ditingkatkan. Saling membantu fasilitasi prasarana untuk mem-back up wilayah, sehingga kondisi yang sudah ada saat ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan,”ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto menambahkan, penghargaan Adipura tahun ini merupakan capaian yang terbesar yang pernah diraih oleh Pemprov DKI Jakarta.

Ia melanjutkan, peningkatan penghargaan Adipura yang diterima oleh Provinsi DKI Jakarta ini menjadi salah satu bukti keseriusan semua pihak dalam menggarap isu lingkungan hidup dan pengelolaan sampah dalam kewenangannya masing-masing.

Pemprov DKI terus berupaya melakukan pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu, tengah, sampai ke hilir. Di bagian hulu, mengajak masyarakat agar melakukan pengurangan sampah sejak dari rumah tangga dan pendampingan BPS RW.

Kemudian di bagian tengah, dilakukan peningkatan fungsi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) menjadi Tempat Pengolahan SampahReduce, Reuse, Recycle(TPS 3R) di berbagai lokasi agar sampah dapat diolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2076 seconds (0.1#10.140)