Pengabdian Masyarakat, UBM Beri Pelatihan kepada Pelaku UMKM Kembangan Utara

Rabu, 01 Maret 2023 - 00:08 WIB
loading...
Pengabdian Masyarakat, UBM Beri Pelatihan kepada Pelaku UMKM Kembangan Utara
Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta memberikan pelatihan kepada warga pelaku UMKM di Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat. Foto: SINDONEWS/Dok
A A A
JAKARTA - Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta memberikan pelatihan kepada warga pelaku UMKM di Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat dosen FEB UBM.

Program ini juga selaras dengan cita-cita pemerintah yang berkeinginan untuk memajukan UMKM, bahkan naik kelas hingga internasional.

Kegiatan ini diikuti oleh para pelaku usaha baik perorangan, UMKM, mahasiswa, dan pegawai pemerintahan. Mereka diajarkan mulai dari pentahapan perizinan badan usaha UMKM, tahapan pembuatan NPWP, pelatihan pencatatan pembukuan perpajakan secara sederhana, dasar teori akuntansi syariah, manfaat perpajakan, serta pelatihan pengisian SPT.

Kemudian bagaimana mengembangkan UMKM dimasa yang akan datang, mendapatkan akses modal yang besar dari perbankan, dan berbagai kemudahan lain, pada era the new normal.



"Kali ini kami memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada pelaku UMKM di lingkungan Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat. Kami berharap peran UMKM terus menjadi jatung dalam memajukan perekonomian Indonesia," ujar perwakilan dosen UBM, Deden Tarmidi, dalam keterangannya, Selasa (28/2/2023).

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah dosen UMB menyampaikan materi menarik di hadapan para pelaku UMKM yang disaksikan Sekretaris Kelurahan Kembangan Utara Indra Gunawan.

Materi sosialiasi dan pelatihan yang disampaikan oleh pemakalah berkaitan langsung dengan situasi dan kondisi saat ini, yakni terkait pelaporan pajak tahunan (SPT). Termasuk berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas, khususnya para pelaku usaha perorangan maupun UMKM.

Dosen UMB Feber Sormin misalnya, memberikan sosialisasi pelatihan tentang pencatatan dan pembukuan perhitungan penghasilan neto WP UMKM secara sederhana untuk bisnis oleh UMKM.

Dosen lainnya, Edy Suroso, memberikan pemahaman tentang perizinan berusaha berbasis risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS) yang merupakan pelaksanaan dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)