Komunitas Ciliwung Bentangkan Bendera Sepanjang 70 Meter

Senin, 17 Agustus 2015 - 19:03 WIB
Komunitas Ciliwung Bentangkan Bendera Sepanjang 70 Meter
Komunitas Ciliwung Bentangkan Bendera Sepanjang 70 Meter
A A A
JAKARTA - Perayaan HUT RI ke-70 di Depok ini terbilang unik karena perayaan dilakukan di tengah aliran Kali Ciliwung yang melintas di kawasan Depok. Uniknya, komunitas ini membentangkan bendera merah putih sepanjang 70 meter.

Pembentangan dimulai dari lokasi tanah wakaf Ciliwung hingga dibawah jembatan Grand Depok City, Kecamatan Pancoran Mas.

Koordinator Sekber Ciliwung Hidayat Al Ramdani mengatakan, dengan cara ini masyarakat diingatkan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan. Pembentangan bendera sepanjang 70 meter dilakukan dengan formatur 17 ban sebagai pembawa bendera merah putih yang jaraknya hingga lima kilometer.

"Pembentangan bendera 70 meter sengaja kami lakukan untuk 70 meter dengan arti Hut Kemerdekaan RI ke 70," kata Hidayat di lokasi, Senin (17/8/2015).

Dikatakan dia, aksi pembentangkan bendera merah putih ini juga sebagai aksi merdekanya sungai Ciliwung dari kegiatan pencemaran sungai. Dikatakan pencemaran dan perusakan karena saat ini banyak berdiri bangunan di pinggiran kali.

"Aksi ini sebagai aksi kampanye kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai, situ dan lokasi lainnya yang berdampak pada kerusakan lingkungan alam," ungkapnya. (Baca: Naskah Asli Proklamasi Tertulis 17-8-05, Ini Artinya)

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Depok Wijayanto berharap kegiatan upacara bendera ini dapat menambah warga agar semakin mencintai lingkungannya masing-masing.

Dia pun berpesan agar terus mengobarkan semangat nasionalisme dengan cara membersihkan Sungai Ciliwung. "Bisa saja kalau dikatakan belum merdeka jika belum lingkungannya bersih," ujarnya.

PILIHAN:

Main Tanam Paku di Rel, 3 Bocah Tewas Terserempet Kereta

Ratusan Ribu Peserta Parade Tauhid "Putihkan" Jakarta
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5936 seconds (0.1#10.140)