Eki Pitung Dikukuhkan Pimpin Badan Pelaksana Amanat Musyawarah Agung Nusantara

Senin, 06 Februari 2023 - 12:50 WIB
loading...
Eki Pitung Dikukuhkan Pimpin Badan Pelaksana Amanat Musyawarah Agung Nusantara
Eki Pitung (paling kanan) dipilih menjadi pemimpin Badan Pelaksana Amanat Musyawarah Agung Nusantara (Bapama).Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mohammad Rifky atau Eki Pitung salah satu putera Betawi ini dipilih menjadi pemimpin Badan Pelaksana Amanat Musyawarah Agung Nusantara (Bapama). Eki diamanatkan memimpin Bapama oleh Himpunan Dzurriyat Radja Sultan se-Nusantara (HDRSN), 9 Asosiasi Kesultanan, 7 Asosiasi Keadatan, 5 Organisasi Veteran, dan Pejuang 45.

Dalam gelaran Musyawarah Agung di GedungMerdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, pada Minggu, 5 Februari 2023 yang dihadiri 198 kesultanan dan raja Nusantara, 30 tokoh adat, budayawan, ulama, dan 20 orang pejuang 45 itu, Eki juga mendapatkan nama Datuk Rajawali M Rifqi Eki Pitung Gajh Ahmada.

Eki merupakan keturunan dari legenda Betawi si Pitung menerima mandat secara simbolis dari Yang Mulia YM. Masyud yang merupakan trah Pangeran Jayakarta."Ini adalah Badan Pelaksana dari Nawa Asa, atau 9 harapan para raja dan kesultanan yang hadir dalam Musyawarah Agung ini," kata Masyud dalam keterangannya pada Senin (6/2/2023).

Eki Pitung mengatakan, amanah yang diembannya berat, namun dirinya optimistis dengan dukungan semua pihak bisa menjalankannya dengan baik.
“Amanah agung ini, saya tidak bisa jalan sendiri, kita harus bersama-sama. Insya Allah dalam waktu dekat saya akan segera laporkan kepada pimpinan asosiasi-asosiasi struktur-strukturnya dari Bapama," kata Eki.

Eki melanjutkan, terkait kepemimpinan di Bapama harus dilaksanakan dengan niat lurus dan ikhlas untuk kepentingan bangsa dan para kesultanan."Insya Allah semua akan terwujud. Allah lah yang maha memutuskan manusia hanya berencana," ujarnya.

Dalam Musyawarah Agung tersebut, para raja dan sultan, tokoh adat , budayawan, pejuang 45 dan pemuda Indonesia bersama-sama bermusyawarah untuk merumuskan ide-ide dan gagasan yang berkonsep pertahanan budaya dan persatuan.

Musyawarah Agung ini dilaksanakan sebelum Rakernas KNPI. Selain itu ada kirab kebangsaan dan konser pemuda yang menghadirkan band Kotak dan lainnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)