Aprindo Dorong Produk UMKM Tembus Pasar Dunia

Jum'at, 02 Desember 2022 - 21:30 WIB
Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mendorong produk UMKM masuk pasar dunia atau global market. Foto: Ist
JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mendorong produk UMKM tembus pasar dunia atau global market. Momentum itu bisa diraih ketika Indonesia resmi menjadi Presidensi Federasi Asosiasi Peritel Asia-Pasifik atau The Federation of Asia Pacific Retailers Associations (FAPRA) yang beranggotakan 20 negara.

Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey mengatakan, pada perhelatan Asia Pacific Retailers Convention and Exhibition (APRCE) ke-20 tanggal 28-30 November 2022 di Jakarta, Aprindo mendapatkan kepercayaan memimpin FAPRA selama 2 tahun mendatang.

Baca juga: Buka Gerai di Luar Negeri, Mendag Minta Pelaku Ritel Modern Serap Produk UMKM

Melalui APRCE tahun ini diharapkan memberikan peluang untuk para pelaku ritel di Indonesia beserta UMKM untuk bisa ekspansi ke luar negeri minimal kepada 20 negara yang tergabung dalam Asosiasi Ritel Asia Pasifik.

"Kami mendorong produk-produk yang dimiliki oleh para peritel atau produk UMKM untuk masuk di global market, sudah ada beberapa negara yang diinisiasi," ujar Roy, belum lama ini.



Dengan kepemimpinan presidensi Indonesia diharapkan menjadi kesempatan yang langka karena Indonesia berhasil menyelenggarakan event G-20 kemarin saat menjadi presidensi.

"Kemarin G-20 kan antara negara dengan negara, ini pebisnis dengan pebisnis. Jadi ini langkah kongkret meneruskan G-20 antara pelaku usaha di negara Asia Pasifik dapat melakukan kerja sama, kolaborasi, dan sinergi untuk recover stronger, recover together," kata Roy.

Perwakilan Malaysia Retailers Association Law Boon Eng menyebut mereka sangat percaya diri dengan kepemimpinan RI sebagai presidensi FAPRA.

"Kita berharap kerja sama antara peritel Negara-negara di Asia Pasifik bisa lebih ditingkatkan lagi agar ekonomi masing-masing negara bisa lebih tumbuh seperti yang diharapkan,” ujarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More