3 Tips Sopir Truk Terhindar Bajing Loncat, Nomor 1 Pasang Perangkat Ini

Minggu, 20 Februari 2022 - 14:35 WIB
Bajing loncat beraksi di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu. Pelaku mengambil satu peti telur. Foto: Tangkapan Layar Instagram
JAKARTA - Beberapa tips sopir truk atau mobil bak terbuka terhindar bajing loncat ini patut diperhatikan. Tindak pencurian itu tidak hanya terjadi di wilayah Jawa dan Sumatera, di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara juga kerap ditemui bajing loncat.

Aksi lincah bajing loncat dilakukan oleh beberapa orang. Satu pelaku melompat ke truk dan mencuri barang, sedangkan pelaku lainnya berperan sebagai pengendara motor yang bersiap kabur ketika pencurian telah dilakukan.

Baca juga: Viral Bajing Loncat Jarah Truk di Tangerang, Polisi Buru 5 Pelaku

Selain pemalakan di jalan, bajing loncat amat dikeluhkan sopir truk. Jika barang atau muatannya raib tentu mau tidak mau sopir harus mengganti barang yang dicuri bajing loncat.

Bajing loncat biasanya dilakukan orang yang terlatih untuk mencuri karena mereka harus bergerak cepat, terlebih jika kendaraan dalam keadaan sedang melaju. Untuk melengkapi aksinya, bajing loncat membawa senjata tajam untuk mempertahankan diri jika aksinya diketahui sopir truk.



Bahkan, bajing loncat tidak segan melukai siapa pun yang menghalangi aksinya. Untuk mencegah bajing loncat, berikut 3 tips sopir truk terhindar bajing loncat yang dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (20/2/2022):

1. Pasang kamera pengintai/CCTV di belakang truk

Cara pertama mencegah bajing loncat dengan memasang kamera pengintai/CCTV di bagian belakang truk. Adanya CCTV dapat melihat truk ketika hendak dijarah bajing loncat.

Setelah mengetahuinya, si sopir bisa mengerem truk secara mendadak sehingga komplotan bajing loncat akan terjatuh. Kemudian, sopir truk bisa langsung menghubungi pihak kepolisian terdekat untuk menyerahkan bajing loncat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More