2022, DKI Diminta Prioritaskan Revitalisasi 3 Pelabuhan di Kepulauan Seribu

Kamis, 04 November 2021 - 08:14 WIB
Kapal penyeberangan pengangkut penumpang bersiap sandar di dermaga Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta, Sabtu (17/7/2021). Foto: Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta meminta Dinas Perhubungan ( Dishub ) mengkaji ulang kegiatan revitalisasi tiga pelabuhan di Kepulauan Seribu . Saat ini tiga pelabuhan itu disebut-sebut vital untuk menunjang aktivitas dan perekonomian warga.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Steven Setiabudi Musa merinci, ketiga pelabuhan tersebut yakni ada di Pulau Kelapa, Pulau Pramuka, dan Pulau Sebira. Kegiatan revitalisasi sempat dihentikan karena refocusing anggaran imbas pandemi Covid-19.

Untuk itu, Komisi B mendorong agar kegiatan tersebut dihidupkan kembali dan menjadi perioritas dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun anggaran 2022.



“Kita berharap dalam tahun anggaran ini tahun 2022 dihidupkan kembali, karena kita memang concern sekali dengan kebutuhan masyarakat Kepulauan Seribu,” kata Steven kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

Berdasarkan informasi yang disampaikan Dishub DKI, revitalisasi tiga pelabuhan menjadi salah satu target yang akan dicapai tahun 2022 berdasarkan dokumen rancangan akhir (Ranhir) Perubahan RPJMD tahun 2017-2022.

Dimana, Dishub DKI sebelumnya mengalokasikan anggaran Rp160 miliar untuk merevitalisasi tiga pelabuhan tersebut melalui skema APBD DKI di tahun 2020 dan 2021.

“Dengan dihidupkannya kembali tiga pelabuhan tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di Pulau Seribu,” kata Steven.

Hal senada juga diungkapkan Anggota Komisi B DPRD DKI Nur Afni Sajim. Menurutnya, revitalisasi tiga pelabuhan di Kepulauan Seribu setidaknya akan mempermudah kegiatan perekonomian warga sekitar.

Seperti halnya, di Pulau Sabira yang notabene masih belum memiliki pelabuhan namun banyak kapal-kapal besar yang melintas.

“Maka dari itu kami dari Komisi B minta segala sesuatunya diusulkan kegiatan yang terefocusing, baik kegiatan peningkatan ekonomi ataupun pelayanan masyarakat untuk diusulkan kembali,” terang Nur Afni.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan pihaknya telah kembali mengakomodir anggaran revitalisasi tiga pelabuhan Kepulauan Seribu dan akan segera dieksekusi sesuai kebutuhan di 2022.

“Karena itu sudah kita pertimbangkan untuk menghidupkan kembali anggaran revitalisasi tiga pelabuhan di tahun depan (2022),” tutup Syafrin.
(mhd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More