Profil Komjen Tomsi Tohir Balaw, Teman Seangkatan Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto yang Jabat Irjen Kemendagri

Kamis, 19 September 2024 - 11:53 WIB
Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw saat ini menjabat Irjen Kemendagri. Tomsi merupakan teman seangkatan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw saat ini menjabat Irjen Kementerian Dalam Negeri. Posisi itu telah diembannya sejak 29 Juni 2022. Tomsi merupakan teman seangkatan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

Keduanya sama-sama lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1990. Teman Irjen Karyoto lainnya yang kini berpangkat jenderal bintang 3 yakni Kepala BNPT Komjen Eddy Hartono dan Sestama Lemhannas Komjen RZ Panca Putra Simanjuntak.





Tomsi Tohir yang lahir di Bandar Lampung, Lampung, 30 Januari 1969 itu telah menduduki banyak jabatan penting di antaranya di lingkungan Polda Metro Jaya.

Pada tahun 2004, dia pernah bertugas sebagai Kasat Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Tohir juga mengemban amanah sebagai Kasat Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya tahun 2005 dan Kasat III/Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada 2006.

Setelah itu, dia dipercaya menjabat Kapolres Pamekasan tahun 2007. Dia juga pernah bertugas sebagai Kapolres Jombang pada 2009.

Setahun berselang, pria yang berpengalaman dalam bidang reserse ini dipercaya menjabat Wakapolrestabes Surabaya. Lalu, Kabid Propam Polda Jawa Timur di tahun 2011.

Dalam riwayat kariernya, Tomsi Tohir juga tercatat pernah menduduki posisi Anjak Bidang Jemen Ops Itwasum Polri tahun 2014, Direskrimsus Polda Sumsel, dan Sesropaminal Divpropam Polri tahun 2016.

Pada tahun 2017, dia kembali terkena rotasi untuk menjadi Karowassidik Bareskrim Polri. Satu tahun setelahnya, Tohir diangkat menjadi Kapolda Banten.

Tomsi kemudian menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2019 serta Sahlisospol Kapolri di tahun 2020.

Barulah di tahun 2022, dia diangkat menjadi Irjen Kemendagri. Jabatan inilah yang mengantarnya menyandang pangkat Komjen Polisi.
(jon)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More