Unpak Latih Pelaku Wisata Mulyaharja Bogor Bikin Konten Promosi Digital

Selasa, 17 September 2024 - 18:27 WIB
Universitas Pakuan (Unpak) menggelar pelatihan bagi pelaku wisata di Kompepar Desa Tematik Agro Eduwisata Mulyaharja di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. FOTO/IST
BOGOR - Universitas Pakuan (Unpak) menggelar pelatihan bagi pelaku wisata di Kompepar Desa Tematik Agro Eduwisata Mulyaharja di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelola wisata dan warga Desa Mulyaharja dalam mengelola promosi digital, terutama di media sosial, serta meningkatkan pemahaman terkait konten yang relevan bagi akun wisata.

Pelatihan yang merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertajuk 'Pendampingan Keterampilan Digital Content Creator dan Signage sebagai Media Promosi Wisata Kampung Tematik di Kompepar Desa Tematik Agro Eduwisata Mulyaharja, Bogor'. Tim PKM Universitas Pakuan terdiri dari beberapa Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Unpak, Roni Jayawinangun, Dini Valdiani, dan Dipo Krisyudi Ono dibantu dua mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi, konsentrasi Televisi Radio dan Media Baru (TRMB), Khori Aulia Ria Anggraeni dan Olivia Devita Permatasari, dan satu mahasiswa lain, Ari Afriansyah.

Banyak materi diberikan dalam pelatihan, antara lain pengelolaan media sosial, pemanfaatan software pendukung, serta bagaimana menciptakan konten kreatif. Pelatihan ini mencakup cara membuat konten yang menarik dan strategi untuk meningkatkan keterlibatan pengikut di media sosial. Peserta juga diajarkan cara menggunakan Canva, yang dapat mempermudah warga membuat konten visual menarik seperti poster, infografis, instastory, dan postingan di media sosial. Selain itu, warga juga diajari cara mengetahui insight media sosial yang relevan untuk memahami preferensi audiens.



"Diharapkan warga dapat memaksimalkan penggunaan Canva dan mengelola unggahan menggunakan tools manajemen seperti Hootsuite. Hootsuite membantu pengelola menjadwalkan unggahan secara teratur dan efisien di berbagai platform media sosial, yang memungkinkan mereka tetap aktif dalam mengelola konten," kata dalam keterangannya, Selasa (17/9/2024).

Menurutnya, Tim PKM Unpak juga memberikan pelatihan penggunaan alat drone untuk menghasilkan video promosi yang lebih profesional dan berkualitas tinggi. Video ini digunakan untuk menampilkan keindahan alam dan spot-spot menarik di Kampung Mulyaharja dari sudut pandang yang lebih atraktif, sehingga dapat meningkatkan daya tarik visual kampung tematik. Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengikut dan memperkuat kehadiran Kompepar Mulyaharja di media sosial.

"Program ini juga memperluas jangkauan promosi dengan merambah platform lain seperti X, Tiktok dan YouTube yang sebelumnya belum dimanfaatkan. Harapannya, platform ini akan membantu warga Kampung Mulyaharja menjangkau audiens yang lebih luas dan menarik lebih banyak wisatawan," katanya.

Tim Universitas Pakuan juga membuat petunjuk arah di akses perjalanan menuju ke Kampung Mulyaharja dan membuat konten terkait rute yang dapat diakses bila menggunakan tranportasi umum. Hal itu diharapkan membantu wisatawan mengunjungi Mulyaharja dengan mudah.

"Diharapkan dengan adanya program ini, Kampung Agro Eduwisata Mulyaharja dapat semakin dikenal sebagai destinasi wisata unggulan di Bogor dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional," katanya.
(abd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More