Peduli Lingkungan Sejak Dini lewat Aksi Bersihkan Sampah di Tanjung Pasir

Senin, 27 Mei 2024 - 16:20 WIB
SMA Labschool Cibubur turut serta dalam aksi bersihkan sampah dan pengolahan limbah plastik di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang. Foto/Istimewa
JAKARTA - Peduli lingkungan wajib ditumbuhkan sejak usia dini. Hal ini seperti yang dilakukan oleh SMA Labschool Cibubur turut serta dalam aksi bersihkan sampah dan pengolahan limbah plastik. Kegiatan ini digelar di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Jumat 24 Mei 2024.

Peserta yang terdiri dari 58 siswa kelas 11 dan 12 program France Track ini didampingi oleh enam guru pendamping, dua pendamping dari Institut Francais Indonesie (IFI), dengan arahan dari empat orang pendamping dari OceanKita.

Selain Indonesia, kegiatan yang bernama Odysee Plastique ini diikuti oleh sejumlah negara seperti Malaysia, Filipina, Taiwan, dan beberapa negara Eropa, seperti Prancis.





Sebagai perwakilan negara, para siswa SMA Labschool Cibubur menunjukkan kontribusi nyata dengan melakukan aksi bersih pantai dan mengolah limbah plastik yang sudah dikumpulkan.

Dalam group kecil, para peserta mengumpulkan limbah plastik yang ditemukan di pesisir pantai, lalu mengklasifikasikan limbah tersebut sesuai dengan jenisnya.

Hasil pendataan menunjukan jumlah limbah yang terkumpul dalam satu bagian pesisir pantai mencapai 129,4 kg yang didominasi pembungkus makanan sekali pakai.

Kemudian pada Sabtu, 25 Mei 2024 siswa siswi program France Track SMA Labschool Cibubur ini mempresentasikan hasil data tersebut di hadapan peneliti Pusat Riset Oseanografi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yakni Deny Yogaswara. Presentasi tersebut berlokasi di Institut Français Indonésie (IFI) Jakarta-Thamrin.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran diri khususnya para remaja atas permasalahan lingkungan yang terjadi karena kelangsungan hidup manusia di masa depan sangat bergantung pada mereka sebagai generasi penerus bangsa," kata Deny, Senin (27/5/2024).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More