Baksos hingga Doa Lintas Agama Meriahkan Acara Kebaya Natal 2023

Sabtu, 16 Desember 2023 - 18:16 WIB
Ketua Kebaya Menari Yanti Moeljoni mengatakan, Kebaya Natal 2023 akan diisi oleh kegiatan bakti sosial dan doa lintas agama. Foto/istimewa
JAKARTA - Kebaya Menari mengadakan acara Kebaya Natal kedua di 2023. Acara ini digelar untuk mengajak kaum perempuan lebih mencintai budaya dan menghargai keberagaman agama yang tumbuh di bumi Indonesia.

Acara tersebut digelar di Teater Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Gambir, Jakarta Pusat, pada Kamis, 14 Desember 2023.

Keberagaman agama sejatinya bukanlah bahan perpecahan, namun pemersatu dan kekuatan bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai pengaruh yang tidak sesuai dengan adat budaya kita.



Ketua Kebaya Menari Yanti Moeljoni menyampaikan, Kebaya Menari merupakan komunitas yang bergerak di akar rumput, dalam misinya menyiarkan dan mengedukasi pemakaian kebaya ke masyarakat luas.



“Sebagai media sosialisasi, kami mengajarkan tari Nusantara dengan berkebaya. Selain itu juga diadakan gelar wicara mengenai sejarah dan perjalanan kebaya dalam berbagai kesempatan,” jelas Yanti, Sabtu (16/12/2023).

Dalam acara tersebut, digelar ibadah kebaktian, bakti sosial berbagi kasih dengan anak panti asuhan, doa lintas agama dari 6 agama oleh para pemuka agama yang dipadu dengan tarian Nusantara, mini bazaar produk UMKM serta sosialisasi dan edukasi kebaya.



“Lokasi ini dipilih karena panggung yang memadai untuk pagelaran tari yang dipertunjukkan Kebaya Menari dan didukung oleh berbagai komunitas tari dan budaya,” katanya.

Ketua Panitia Kebaya Natal Berty Dewi Singgih menjelaskan, komunitas pendukung acara ini antara lain Tarki Nari, Perempuan Berkebaya Indonesia-Jakarta, Penari Penjaga Negeri, Purnomo Yusgiantoro, Jiwa Perempuan Indonesia dan Marita Boutique dan Modiste yang akan memperagakan berbagai Kebaya Laboh yang didaftarkan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya TakBenda dunia dari Indonesia, bersama-sama dengan Kebaya Kerancang.

"Acara Kebaya Natal ini dapat terselenggara dengan baik berkat dukungan Kementerian Agama Republik Indonesia dan Gusdurian," tandasnya.
(cip)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More