Fenomena Alam King Tide dan Supermoon Akan Terjadi Hari Ini, Berikut Penjelasannya

Minggu, 30 Juli 2023 - 07:29 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga mewaspadai fenomena super full moon dan king tide yang bisa menyebabkan banjir rob. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau kepada warga agar mewaspadai fenomena super full moon dan king tide yang bisa menyebabkan banjir pesisir atau rob. Fenomena tersebut akan berlangsung mulai hari ini hingga 03 Agustus 2023.

"Akibat adanya fenomena Super Full Moon pada tanggal 01 Agustus 2023 dan King Tide pada tanggal 30 Juli-03 Agustus 2023 mempengaruhi dinamika pesisir pantai yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau rob," tulis keterangan akun instagram resmi @bpbddkijakarta, dikutip Minggu (30/7/2023).



BPBD mencatat terdapat terdapat 8 wilayah yang berada di Jakata Utara akan terdampak banjir rob itu. Hal itu berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Wilayah pesisir DKI Jakarta seperti di Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," lanjutnya.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More