Ini Sekilas Sejarah Wisma Kosgoro

Kamis, 12 Maret 2015 - 04:40 WIB
Ini Sekilas Sejarah Wisma Kosgoro
Ini Sekilas Sejarah Wisma Kosgoro
A A A
JAKARTA - Kebakaran di Wisma Kosgoro beberapa hari lalu sempat membuat heboh masyarakat. Berdasarkan keterangan pemilik gedung Hayono Isman, Wisma Kosgoro merupakan gedung pertama di Indonesia yang menggunakan kaca.

Dalam konferensi pers di Wisma Mas Isman, Hayono menceritakan nilai historis dari bangunan berumur 41 tahun yang terbakar pada 9 Maret kemarin dan menghanguskan lantai 16 hingga 20."Jadi gedung itu didirikan pada tahun 1974 dan mulai beroperasi pada tahun 1976. Merupakan gedung pertama di negeri ini yang menggunakan kaca," ungkap Hayono Isman, Rabu 11 Maret kemarin.

Hayono menegaskan, pada tahun 1974, Wisma Kosgoro menjadi salah satu ikon Jakarta. Selain itu, nilai historis bangunan berlantai 20 yang berada di pusat kota Jakarta ini juga terletak pada tanahnya.

"Tanahnya diberikan oleh Bung Karno, pemberian tersebut kan harus dikenang," jelasnya.Hayono mengaku belum ada rencana apakah nantinya bangunan yang terbakar akan direnovasi atau akan dibangun kembali.

Saat ini selaku pemilik gedung tengah menunggu hasil pemeriksaan Puslabfor Polda Metro Jaya untuk mengetahui penyebab kebakaran.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7627 seconds (0.1#10.140)