Antisipasi Penyelundupan Narkoba, Tangerang Dirikan Pos Pantai

Selasa, 10 Maret 2015 - 19:24 WIB
Antisipasi Penyelundupan Narkoba, Tangerang Dirikan Pos Pantai
Antisipasi Penyelundupan Narkoba, Tangerang Dirikan Pos Pantai
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan menyiapkan tiga pos di pesisir pantai. Hal itu untuk mengantisipasi penyelundupan narkotika lewat jalur laut.

"Untuk mengawasi 50 kilometer persisir pantai di Kabupaten Tangerang. Kami akan bangun posko pantau di Kronjo, Cituis dan Teluknaga," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat pemusnahan 94.072 gram sabu di Garbage Plants Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Selasa (10/3/2015).

Nantinya, kata Zaki, ketiga pos tersebut akan diisi oleh personel dilengkapi dengan perlengkapan dalam mengawasi aktivitas bongkar muat kapal. Sehingga bisa mengungkap upaya penyelundupan narkotika.

"Namun demikian, pengawasannya tak bisa dilakukan oleh Pemkab Tangerang saja. Tetapi perlu melibatkan personel lainnya dan kepolisian maupun TNI," tuturnya.

Maka itu, perlu adanya personel khusus yang bertugas melakukan pengawasan selama 24 jam. Diakuinya, bila beberapa kali pesisir pantai di Kabupaten Tangerang kerap dijadikan sebagai tempat penyelundupan narkotika.

Misalnya, penangkapan terbesar oleh BNN dan China National Narcotics Control Commision (NNCC) serta Hong Kong Police pada tanggal 5 Januari 2015, hingga berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika dari Tiongkok melalui jalur laut sebanyak delapan kuintal sabu atau senilai Rp1,7 triliun.

"Penjagaan di pesisir pantai harus konsisten. Maka itu, kami minta tambahan personel dan alat untuk mengawasi," katanya.

Zaki juga mengungkapkan, bila pesisir pantai kerap dijadikan tempat bongkar muat kapal meski tidak secara rutin.

"Biasanya kapal kecil tetapi tidak menutup kemungkinan itu bagian dari penyelundupan. Maka itu, perlu ditingkatkan pengawasan," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0067 seconds (0.1#10.140)