Dikepung Banjir, Jakarta Belum Darurat

Senin, 09 Februari 2015 - 12:51 WIB
Dikepung Banjir, Jakarta Belum Darurat
Dikepung Banjir, Jakarta Belum Darurat
A A A
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan status Jakarta belum darurat banjir. Meskipun hampir seluruh wilayah Ibu Kota ini terendam air akibat hujan sejak Minggu malam hingga hari ini.

"Siaga memang kan kita dari awal. Siaga juga ada siaga 4 hingga 1. Untuk sementara belum dapat dikatakan darurat banjir karena jika dikatakan darurat apabila 9 pintu air dari 12 pintu air yang ada sudah berada dititik siaga 1," ujar Kepala BPBD DKI Jakarta Denny Wahyudi kepada Sindonews saat dihubungi, Senin (9/2/2015).

Denny lebih menyarankan untuk antisipasi warga, karena kini Pintu Air (PA) Karet sudah berada di siaga 1 atau berada di ketinggian 630 sentimeter. Siaga 1 ini disebabkan karena hujan lokal cenderung lebat dan adanya aliran air datang dari DAS (Daerah Aliran Sungai) Krukut.

"Sementara untuk Jakarta Utara dan sebagian Jakarta Barat harus siaga karena PA Pasar Ikan sudah siaga 2 (202 cm). Air tinggi biasanya akibat pasang dari air laut (rob). Semoga air rob biasanya jam 1 siang surut. Cuma karena ada hujan lokal deras maka air yang harusnya ngalir ke laut ketahan karena ada rob juga tinggi," tukasnya.

Seperti yang dilaporkan oleh Pusat Pengendali Operasi BPBD DKI Jakarta ada kenaikan PA Karet sejak pukul 09.00 WIB yang berada di siaga III (490 cm) hingga pukul 12.00 WIB siaga I (630 cm). Antisipasi wilayah yang terdampak yaitu Jakarta Pusat.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7746 seconds (0.1#10.140)