Rawan Begal, Sudah Saatnya Jalan Dipasangi CCTV

Senin, 02 Februari 2015 - 08:55 WIB
Rawan Begal, Sudah Saatnya Jalan Dipasangi CCTV
Rawan Begal, Sudah Saatnya Jalan Dipasangi CCTV
A A A
JAKARTA - Maraknya pembegalan motor yang terjadi di wilayah Depok dan menjalar di Jakarta disinyalir kurangnya pengawasan. Untuk itu sudah saatnya ribuan CCTV dipasang disejumlah jalan yang rawan aksi kejahatan.

Pengamat Perkotaan Universitas Trisakti Nirwono Joga mengungkapkan Pemprov DKI seharusnya bisa ikut melindungi warganya dari kejahatan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan Pemprov untuk berperan melindungi warganya yang beraktivitas di malam hari.

Misalnya dengan memperbaiki sejumlah penerangan jalan umum (PJU) yang sudah mati. Sedangkan jalan yang belum ada PJU bisa langsung dipasangi.

"Kedepan harus ditanggulangi baik software dan hardware," ujar Nirwono kepada Sindonews, Senin (2/2/2015). Untuk hardware sendiri circuit closed television (CCTV) seperti yang akan dipasang hingga ribuan oleh Pemprov DKI harus dipercepat.

"Dengan adanya CCTV pengawasan kan 24 jam jadi lebih efisien dimanapun seperti yang Pemprov DKI rencanakan," tukasnya. Sementara untuk software sendiri selain menempatkan aparat lokal (Satpol PP) dengan dukungan kepolisian namun juga harus menghidupkan keamanan dari warga setempat sendiri.

"Sistem Keamanan Keliling (Siskamling) di kelurahan, RT, dan RW harus dihidupkan karena mereka garda terdepan menjaga wilayah mereka," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5406 seconds (0.1#10.140)