Tertibkan Warga Ria Rio, 2.500 Petugas Dikerahkan

Sabtu, 15 November 2014 - 16:07 WIB
Tertibkan Warga Ria...
Tertibkan Warga Ria Rio, 2.500 Petugas Dikerahkan
A A A
JAKARTA - Sebanyak 2.500 petugas gabungan dikerahkan dalam kegiatan penertiban permukiman di bantaran Waduk Ria Rio, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur. Ribuan Petugas itu menertibkan lahan seluas 1,1 hektar yang dihuni warga.

Ribuan petugas tersebut merupakan gabungan dari Satpol PP, Sudin Pemadam Kebakaran, kepolisian, TNI, Sudin Perhubungan, dan Sudin Kebersihan.

"Untuk Satpol PP sendiri sebanyak 1.200 anggota. Seluruh anggota Satpol PP Jakarta Timur, ditambah 200 anggota Satpol PP Provinsi DKI," kata Kasatpol PP DKI Kukuh Hadi Santoso kepada wartawan di lokasi, Sabtu (15/11/2014).

Dikatakan Kukuh, penertiban ini merupakan tahap ketiga dari penertiban bangunan dan relokasi warga untuk penataan bantaran Waduk Ria Rio. Pada tahap pertama, warga secara sukarela direlokasi ke rusun setelah berkomunikasi dengan Gubernur DKI saat itu masih dipegang Joko Widodo (Jokowi).

Selanjutnya, pada tahap kedua, warga yang direlokasi diantar ke rusun. Namun, dalam upaya penetiban tahap ketiga dengan lahan yang ditertibkan seluas sekitar 1,1 hektar, sempat diwarnai kericuhan yang dipicu keinginan warga untuk mendapat ganti rugi.

"Mereka minta ganti rugi, tapi ini tanah negara yang ada prosedurnya. Kami sudah siap memberi kerohiman sebesar Rp5 juta, bahkan saya perintahkan anggota untuk mengantar pindah warga ke rumah susun tanpa bayar," katanya.

Kukuh mengatakan, penertiban ini dilakukan untuk menata Waduk Ria Rio yang menjadi salah satu ruang terbuka hijau dan pengendali banjir di Jakarta Timur. Dengan adanya Waduk Ria Rio, Kukuh meyakini bencana banjir dapat ditekan.

"Setidaknya hujan akan terserap dan fasilitas sosialnya di diperuntukan untuk warga. Minimal banjir dapat terkurangi. Kebetulan di Jakarta Timur juga ada Kanal Banjir Timur," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9550 seconds (0.1#10.140)