Masuk Cagar Budaya, Puluhan Bangunan Direvitalisasi

Senin, 10 November 2014 - 02:43 WIB
Masuk Cagar Budaya, Puluhan Bangunan Direvitalisasi
Masuk Cagar Budaya, Puluhan Bangunan Direvitalisasi
A A A
JAKARTA - Sebanyak 86 bangunan di Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, telah masuk daftar cagar budaya. Puluhan bangunan itu akan direvitalisasi.

Beberapa di antaranya ada yang sudah selesai dikonservasi, termasuk Gedung Pos Indonesia, Musem Sejarah Jakarta, Cafe Batavia, gedung kantor Jasindo Museum Seni Rupa, Wayang, Arsip Ekspor Impor, Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Jembatan Gantung, dan Museum Bahari.

Tetapi, banyak juga gedung yang kosong, rusak dan hancur. Seperti Geowerhy, Inkopad, Arsip Bank Pasific, ex Bank Tjipta Niaga, Gedung Pelayaran, Graha Reksa, SKH, Kali Mas, dam Aneka niaga.

Kemudian, Kantor Samudera Indonesia (hancur), ex Bank Bumi Daya, Sinar Kuning, Asuransi Wahana Tata, Gedung Banteng, Putra Satria Prima, Kantor Pajak Tambora, gedung BII, Athena, rukan (toko), sekolah STMIK Swadharma, PPI, Menara kembar, dan sebagainya.

CEO PT Pembangunan Kota Tua Jakarta Lin Che Wei mengatakan, revitalisasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kembali nilai historis dan nilai ekonomi gedung-gedung tersebut.

Revitalisasi gedung di kawasan Kota Tua seluruhnya ditargetkan selesai pada 2016 mendatang.

"Kami akan fokuskan pada empat lokasi terlebih dahulu, yakni 16 gedung milik PT PPI," katanya di Jakarta, Minggu 9 November 2014.

Lokasi pertama, kata Lin, adalah 12 gedung yang berada di kompleks Cipta Niaga, di samping kafe Batavia, Gedung Kerta Niaga. Kemudian, lokasi kedua adalah Gedung Kerta Niaga di Kalibesar Timur nomor 8 dan nomor 9 yang rencananya akan dijadikan sebagai pusat kuliner.
Lokasi selanjutnya adalah Gedung Kantor Pos Indonesia dan lokasi terakhir Gedung di sebelah BNI.

"Nantinya, kami akan sewa gedung-gedung milik PT PPI sampai batas waktu tertentu, di antaranya akan difungsikan untuk menata para PKL," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5094 seconds (0.1#10.140)