Gawat, Bendera Pusaka RI Digerogoti Kutu

Senin, 10 November 2014 - 02:03 WIB
Gawat, Bendera Pusaka RI Digerogoti Kutu
Gawat, Bendera Pusaka RI Digerogoti Kutu
A A A
JAKARTA - Kendati disimpan dengan penjagaan ekstra tinggi, bendera pusaka RI tak luput dari kerusakan karena usianya yang sudah tua.

Ada tim khusus yang melakukan perawatan dalam periode tertentu, baik dari kerusakan hingga serangan kutu yang mampu merobek bagian bendera.

Bendera Pusaka RI yang kini berada di Istana Negara ternyata membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet. Saat robek, bendera pun harus dijahit kembali dan dilakukan pewarnaan alami menggunakan tumbuhan secang.

Staf Konservasi Cagar Budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Sutita mengatakan, bendera pusaka RI yang kini tersimpan rapi di Istana Negara harus mendapat perawatan khusus agar bendera tersebut tetap awet.

"Kami selalu mendatangi Istana Negara untuk melakukan pengontrolan terhadap bendera pusaka tersebut," ujarnya saat ditemui Sindonews di gedung Balai Konservasi Cagar Budaya, Jakarta Barat, Minggu (9/11/2014).

Sutita menjelaskan, terkhir, pihaknya melakukan pengecekan bendera pusaka pada Juni 2014 lalu. Pengecekan sendiri dilakukan secara rutin sesuai dengan permintaan pihak Istana Negara yang menugaskannya dalam menjaga keutuhan bendera pusaka RI.

"Terakhir kami lakukan pengecekan pada bulan Juni lalu. Kami sendiri biasanya melakukan pengecekan saat menjelang 17 Agustus," katanya.

Sutita menjelaskan, proses pengecekan sendiri membutuhkan waktu yang lama. Terlebih, saat ditemui bendera pusaka RI tersebut mengalami kerusakan, seperti robeknya kain bendera akibat kutu-kutu kecil yang memakan kain bendera.

"Untuk proses perbaikannya sendiri dibutuhkan waktu sekitar tiga bulanan. Prosesnya bisa lama karena butuh kerja ekstra hati-hati dan ada tahapan yang perlu dilakukan," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5605 seconds (0.1#10.140)