Korban JIS Diduga Konsumsi Obat Penenang

Rabu, 08 Oktober 2014 - 15:39 WIB
Korban JIS Diduga Konsumsi Obat Penenang
Korban JIS Diduga Konsumsi Obat Penenang
A A A
JAKARTA - Orang tua korban dugaan kejahatan seksual di JIS diduga memberikan obat-obatan penenang untuk anaknya. Pemberian obat-obatan itu untuk menenangkan mental anaknya yang menjadi korban asusila.

Hal tersebut disampaikan Seto Mulyadi atau Kak Seto di di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (8/10/2014). Meski demikian, dia enggan mengungkapkan data korban tersebut.

"Saya dengar sekarang minum obat-obatan. Siapa anaknya, lebih baik tidak usah disebutkan yah," ujar Kak Seto Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) ini.

Meski demikian, kata Kak Seto, hal tersebut tidak baik untuk perkembangan anak karena akan mengajarkan anak tergantung dengan obat.

"Apalagi kalau nanti anak dewasa dan memiliki beban pikiran. Dia cenderung memilih mengkonsumsi obat penenang nantinya. Ini tentu buruk bagi anak," ujarnya.

Seharusnya, kata mantan Ketua Komnas PA ini, orang tua harus dapat mengetahui perilaku anaknya. Agar orang tua dapat mengatasi kesulitan anak dengan cara yang lebih baik, seperti anak mengalami trauma.

Dia mengimbau, salah satu cara untuk mengatasi kondisi trauma pada anak. Anak harus ditempatkan pada lingkungan yang baru, agar anak tidak mengingat kembali peristiwa-peristiwa yang mencekam itu.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6854 seconds (0.1#10.140)