Tak ada Alasan DPRD Tolak Pengunduran Diri Jokowi

Kamis, 02 Oktober 2014 - 06:02 WIB
Tak ada Alasan DPRD Tolak Pengunduran Diri Jokowi
Tak ada Alasan DPRD Tolak Pengunduran Diri Jokowi
A A A
JAKARTA - Pakar Psikologi Politik UI, Prof Hamdi Muluk menilai tak ada alasan bagi DPRD menolak surat pengunduran diri Jokowi.

"Walaupun DPRD DKI ngotot atau ada interupsi terkait surat pengunduran Jokowi nantinya tetap tidak akan mengubah apapun," ujarnya saat dihubungi Sindonews, Rabu (1/10/2014) malam.

Menurut Hamdi, jika memang persetujuan harus diulur tidak akan mengubah nanti saat Jokowi dilantik menjadi Presiden pada sekira tanggal 20 Oktober 2014.

"Jika memang masih terus diulur, Jokowi tetap dilantik jadi Presiden, jika sudah jadi Presiden dan dirinya belum disetujui mundur sebagai Gubernur maka Presiden (Jokowi) bisa meminta untuk melepaskan jabatan Gubernur dan menunjuk Pelaksana Harian (Plh) untuk menggantikan posisi Gubernur karena melihat konstitusi atau Undang-Undang yang sudah diatur," katanya.

Namun jika menyetujui sesuai dengan waktu, maka otomatis Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama akan menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo.
Menurut Profesor Hamdi, tidak ada alasan bagi DPRD untuk tidak menyetujui pengunduran diri Joko Widodo.

"Harus menyetujui, argumennya apa tidak menyetujui Jokowi jadi Presiden. Jika berbicara etika maka tidak ada argumen yang seharusnya dilontarkan oleh wakil rakyat," terangnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6444 seconds (0.1#10.140)