Tips Kembangkan Sekolah Anti Bullying Ala KPAI

Selasa, 23 September 2014 - 08:33 WIB
Tips Kembangkan Sekolah Anti Bullying Ala KPAI
Tips Kembangkan Sekolah Anti Bullying Ala KPAI
A A A
JAKARTA - KPAI memberikan tips kepada sekolah agar kasus bullying tidak terjadi. Salahsatunya dengan membangun suasana belajar yang menyenangkan.

"Banyak yang bisa dilakukan sekolah agar tidak terjadi kasus kekerasan," tegas Komisioner KPAI Susanto kepada wartawan, Senin malam (22/09/2014).

DIa menegaskan, tips mengembangkan sekolah anti bullying salah satunya dengan membangun suasana belajar yang menyenangkan dan ramah untuk semua anak.

Kedua, pastikan semua tenaga pendidik dan kependidikan memiliki cara pandang yang memposisikan anak sebagai subyek belajar yang membutuhkan lingkungan untuk tumbuh kembangnya potensi akademik maupun karakter.

"Ketiga, libatkan anak dalam perumusan aturan dan kebijakan sekolah serta pencegahan kekerasan," tegasnya.

Selanjutnya, kata Susanto, bangun cara pandang bahwa sekolah bukan tempat bersemainya berbagai bentuk kekerasan. Kelima, pastikan semua anak terlindungi dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi yang dilakukan oleh siapapun termasuk warga sekolah.

"Keenam, bangun mekanisme supervisi dan deteksi dini untuk mencegah kekerasan. Ketujuh, mempromosikan kultur kasih sayang dan harmoni kepada semua warga sekolah, tanpa diskriminasi," tegasnya.

Susanto juga meminta sekolah tidak memberikan sanksi yang bernuansa kekerasan serta mengembangkan komunikasi dengan menggunakan "kalimat positif" dalam relasi antara guru dengan guru, orang tua, murid dan semua warga sekolah.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5174 seconds (0.1#10.140)