Ini Penyebab Tangan Patung Pancoran Paling Kotor

Selasa, 26 Agustus 2014 - 02:53 WIB
Ini Penyebab Tangan Patung Pancoran Paling Kotor
Ini Penyebab Tangan Patung Pancoran Paling Kotor
A A A
JAKARTA - Kegiatan membersihkan Patung Dirgantara atau Patung Pancoran berlangsung sejak Jumat 22 Agustus lalu. Proses tersulit ialah membersihkan bagian tangan patung.

Pengawas pelaksana proses pembersihan patung dari Balai Konservasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Andia Sumarno mengungkapkan, tangan patung merupakan bagian paling banyak mengalami korosi atau kerusakan.

"Mungkin posisinya yang paling terbuka dan di atas jalan flyover non tol yang pastinya selalu dilalui kendaraan dan membawa banyak kotoran sampai menghinggap di patung," ujar Andia ketika dihubungi Sindonews, Senin 25 Agustus 2014.

Dia mengatakan, beberapa bagian dari patung itu masih akan menjalani proses pencucian dengan ekstrak jeruk nipis.

"Bagian tangan baru dibuatkan konstruksi untuk mencapai ke jari tangannya. Untuk pencucian dengan esktrak jeruk nipis insya Allah besok siang selesai," ujar Andia.

Andia menjelaskan pencucian dengan jeruk nipis merupakan tahap awal. "Ada momen lain untuk korosi akut (karat membandel) yang nantinya akan dicuci," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan uji jenis korosi terhadap patung bernama yang terbuat dari perunggu dan memiliki bobot sekira 11 ton itu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5839 seconds (0.1#10.140)