Pekan Depan, Proses Pencucian Patung Pancoran Dimulai

Jum'at, 15 Agustus 2014 - 10:06 WIB
Pekan Depan, Proses...
Pekan Depan, Proses Pencucian Patung Pancoran Dimulai
A A A
JAKARTA - Hingga kini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta sedang melakukan persiapan pembersihan patung Dirgantara atau Pancoran. Ditargetkan, proses pembersihan patung tersebut sudah dimulai pekan depan.

"Kami sudah siapkan instalansi tangga untuk naik ke puncak patung," terang Ahli Konservasi Cagar Budaya dari Balai Konservasi Disparbud DKI Jakarta, Hubertus Sadirin ketika dihubungi Sindonews, Jumat (15/8/2014).

Untuk persiapan sampai dengan pelaksanaan direncanakan memakan waktu hampir dua bulan. Setidaknya ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum memulai pelaksanaan pembersihan.

Petugas juga sedang membuat buat kerangka dudukan yang hanya muat tiga orang petugas pembersihan di dekat patung. Sedangkan untuk pembuangan air saat pembersihan, juga dibuatkan semacam saluran air yang akan mengalir melalui tiang penyangga bawah.

Hubertus memastikan bahwa pengerjaan sendiri tidak akan memakan badan jalan raya. Kemudian ruangan yang disiapkan disekitar patung juga terbatas, hanya pekerja saja yang bisa masuk.

"Kami juga akan pantau dengan CCTV untuk pengerjaan pembersihan sedang dalam proses untuk pemasangan CCTV ini," tukasnya.

Untuk persiapan sendiri menurut Hubertus sudah dimulai sejak kemarin, untuk instalasi tangga untuk naik dan ruang kerja. Dan dirinya memastikan minggu depan, petugas akan mulai naik dan membersihkan salah satu cagar budaya milik kota Jakarta ini.

"Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa dimulai. Untuk Patung Diponegoro akan dilakukan setelah Patung Pancoran," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8335 seconds (0.1#10.140)