Berkeliaran di Bandara Soetta, 8 Calo TKI Diringkus Polisi

Jum'at, 08 Agustus 2014 - 17:07 WIB
Berkeliaran di Bandara Soetta, 8 Calo TKI Diringkus Polisi
Berkeliaran di Bandara Soetta, 8 Calo TKI Diringkus Polisi
A A A
TANGERANG - Sebanyak delapan orang calo Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berkeliaran di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), diamankan petugas Polres Bandara siang tadi.

Kedelapan calo jasa pembuatan kartu keterangan kerja luar negri (KTKLN) bagi para TKI ini langsung digiring petugas dari bandara menuju Polres Bandara untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari keterangan para calo tersebut, mereka bebas keluar masuk area bandara, karena memiliki ID yang dibuatnya di kantor otoritas bandara (Otban).

"Saya membuat ID itu dari petugas Otban dengan biaya Rp170 ribu, masa berlaku dua minggu," kata Adi, salah seorang calo yang mengaku memiliki ID yang dikeluarkan petugas Otban di Tangerang, Jumat (8/8/2014).

Dari keuntungan pembuatan KTKLN, lanjut Adi, dirinya mendapatkankan uang ratusan ribu dari para TKI. "Untuk upah pembuatan KTKLN, saya memberikan harga Rp200 ribu hingga Rp700 ribu," akunya.

Sementara, Kepala Pos Bandara Soekarno Hatta Tangerang, AKP Jajang mengatakan, razia digelar untuk menjaga kemanan dan kenyamanan para TKI dari para calo.

"Dari razia yang kami lakukan, kita amankan delapan orang calo berikut ID-nya," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3748 seconds (0.1#10.140)