Pengamat Nilai Jakarta Belum Perlu Waduk Ciawi

Kamis, 03 Juli 2014 - 12:00 WIB
Pengamat Nilai Jakarta Belum Perlu Waduk Ciawi
Pengamat Nilai Jakarta Belum Perlu Waduk Ciawi
A A A
JAKARTA - Pengamat Perkotaan Universitas Trisakti, Nirwono Joga mengatakan langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghapus rencana pembangunan waduk Ciawi dalam APBD-P 2014 cukup bagus. Pasalnya masih banyak waduk dan situ di Jakarta yang belum direvitilasi dan ini lebih penting.

"Saya setuju dengan penghapusan dana waduk tersebut jika memang masih banyak kendala dan bisa jadi menghambat yang lainnya," ujarnya saat dihubungi Sindonews, Kamis (3/7/2014).

Menurut Joga alasannya sederhana bahwa dirinya melihat dan mengamati tidak perlu membuat waduk di luar Jakarta terlebih dahulu padahal masih banyak waduk di Jakarta yang masih perlu dibenahi.

"Masih ada 44 waduk di Jakarta dan 14 situ yang belum direvitalisasi. Jangan buang-buang duit untuk buat waduk di luar Jakarta tapi untuk Jakarta sendiri saja kita enggak fokus," tukasnya.

Joga juga mengatakan tak perlu bermimpi besar untuk membangun mega proyek agar atasi banjir di DKI Jakarta. Mulailah dari hal terkecil.

"Saya orangnya realistis saja, mega proyek seperti deep tunnel atau giant sea wall tidak bisa diselesaikan hanya dalam waktu bulanan, masih perlu rencana matang dan bagaimana kedepannya. Tapi saya hanya ingin yang waduk situ di Jakarta yang dibenahi terlebih dahulu," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5710 seconds (0.1#10.140)